Home / Indomalut / Morotai
10 April 2019

Peringati HUT TNI AU, Lanud Leo Watimena Gelar Upacara

MOROTAI, OT - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Udara (AU) ke-73, Lanud Leo Watimena, melaksanakan upacara di Lapangan Upacara Sapta Marga Lanud Leo Wattimena.

Upacara tersebut, diikuti  oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta pasuakan upacara dari Koramil, Lanal, Polres dan Satpol PP.

Upacara juga dihadiri Para Pejabat se-Maluku Utara, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang D/III Lanud Leo Wattimena.

Dalam rilis tertulis yang diterima redaksi indotimur.com, menyebutkan, bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Lanud Leo Wattimena, Kolonel Nav Arif Budhiyanto, sedangkan Komandan Upacara dipercayakan kepada Kapten Sus Rifki Syamsul H S.IP Kaintel Lanud Leo Wattimena.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Komandan Lanud Leo Wattimena Kolonel Nav Arif Budhiyanto, menyampaiakan, peringatan Ke-73 Hari TNI Angkatan Udara tahun 2019 ini, dilaksanakan secara sederhana.

Konsep kegiatan peringatan tahun ini adalah “Pesta Rakyat”, sebagai manifestasi kemanunggalan TNI Angkatan Udara dengan rakyat. "TNI Angkatan Udara lahir dari rakyat, berjuang bersama rakyat dan hasil-hasilnya dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat," kata Arif mengutip pernyataan Kasau.

Kata dia, bagi para prajurit TNI Angkatan Udara, momen ini adalah saat yang tepat untuk menggali keteladanan pengabdian, semangat pantang menyerah dan dedikasi para pelopor dan senior yang telah meletakkan fondasi perjuangan TNI Angkatan Udara dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Presiden Soekarno pada peringatan Ke-9 Hari AURI tahun 1955,  menyatakan “Kuasailah Udara untuk melaksanakan kehendak nasional karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern”. Pernyataan Presiden Soekarno tersebut menegaskan bahwa TNI Angkatan Udara memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan negara. Untuk itu, peran penting TNI Angkatan Udara tersebut harus kita implementasiakan dalam tugas dan pengabdian kita sehari-hari," tukasnya.

Rangkaian upacara yang mendapat perhatian dari masyarakat Morotai itu, juga dirangkaikan dengan atraksi-atraksi militer antara lain ketangkasan prajurit dari bongkar pasang senjata dengan menutup mata, pembebasan sandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan pesawat Aeromodeling yang ditampilkan oleh anggota Lanud Leo Wattimena.(thy)


Reporter: Ibenk