Home / Hiburan / Komunitas
14 Juli 2019

Pengurus DPD IMM Malut Periode 2019-2021 Resmi Dilantik

Suasana pelantikan DPD IMM Malut periode 2019-2021

TERNATE, OT – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Provinsi Maluku Utara (Malut), resmi dilantik oleh ketua umum DPP IMM Najih Prasetyo, Sabtu (13/7/2019) malam tadi di Royal Resto, Ternate.

Selain pelantikan pengurus, juga dirangkaikan dengan Rapat Kerja (raker) dengan tema "Merawat keberagaman, merajut kebersamaan dan menepis perbedaan".

Ketua DPD IMM Malut, Alfajri A. Rahman menyampaikan, tugas besar pengurus DPD IMM Malut periode adalah pembenahan internal. Sebab, priode sebelumnya mengalami vakum cukup lama sehingga saat ini butuh pembenahan. “Kami akan memulai dari internal, yakni mengaktifkan semua cabang di provinsi Malut,” ujar Alfajri.

Selain itu, problem internal IMM yang provinsi Malut adalah adanya keompok-kelompok, untuk itu ini menjadi tanggung jawab dirinya bersama pengurus periode yang akan diselesaikan. “Saya akan kembalikan semua tugas dan fungsi organisasi secara berjenjang. Komisariat bekerja sesuai tugas dan fungsinya, cabang juga demikian. Sementara DPD lebih banyak ke eksternal,” katanya.

Alfajri menambahkan, selain pelantikan akan dilanjutkan dengan rapat kerja pengurus periode ini. Untuk itu, diharapkan kepada pengurus agar fokus dalam menyusun program. Bahkan, jangan hanya menyusun program disaat raker tapi harus ditindak lanjut setelah raker ini.

“kami merencanakan akan melaksankan beberapa event nasional, jika itu dipercayaka oleh DPP dan atas dukungan Pemda,” katanya.

Sementara Ketua DPP IMM Najih Prasetiyo pada indotimur.com mengatakan, pelantikan ini sebagai langkah awal teman-teman IMM Provinsi Malut untuk kemudian mempersiapkan strategi apa yang akan mereka berikan kepada masyarakat.

Harapannya, kedepan DPD IMM Malut menjadi DPD yang produktif dalam melahirkan kader-kader yang siap untuk menjadi tampuk pimpinan, dan selalu berkarya untuk kebaikan IMM kedepannya.

Menurutnya, untuk IMM provinsi Malut khususnya di Kota Ternate, memiliki antusias yang begitu tinggi karena cenderung menjadi salah satu kiblat dari pergerakan IMM Malut. " IMM Malut selalu dipertimbangkan dalam momentum-momentum apa saja yang berskala nasional," katanya.

Selain itu, Ketua Forum Keluarga Alumni (Fokal) IMM Malut, Kasman Hi. Ahmad dalam sambutannya berharap, DPD IMM Malut ini dapat menambah semangat baru dalam rangka pengkaderan IMM, sekaligus membangun sinergitas yang baik dengan seluruh OKP di daerah ini, sehingga IMM memiliki warna tersendiri kepada pembinaan kepemudaan di Malut.

Sebagai Ketua FOKAL IMM, lanjut Kasman, dirinya mengikuti tentang rekomendasi Rakernas IMM, maka yang menjadi penegasan yang paling penting adalah bagaimana kader IMM itu melek politik. “Dia tidak boleh gamang dengan politik, karena jangan sampai dia mau tapi malu dan berdiam diri dibalik, namun dia suka dengan kekuasaan,” ujar mantan rector UMMU ini.

Oleh karena itu, kedepan IMM juga harus melakukan pendidikan politik dengan baik di dalam pengkaderannya, sehingga tidak gamang dan bisa mengambil peran positif dalam konteks kebangsaan.

“FOKAL sendiri bertugas, sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh PWM dan Ortom. Maka kami akan melakukan itu disemua bidang untuk itu, kami minta agar disinergikan dengan seluruh Ortom yang ada sehingga kita betul-betul berperan di daerah ini,” harapnya.

Sementara Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba yang diwakili asisten I Setda Malut, Hasby Pora  kepada indotimur.com mengatakan, Pemda provinsi Malut selalu mendukung kegiatan-kegiatan kepemudaan salah satunya IMM, karena ini juga dalam rangka membangun kepemudaan Malut, dan memiliki bagian tersendiri serta saling memperkuat kepemudaan untuk mendukung program-program pemerintah kedepannya.

“Mudah-mudahan IMM bisa mendukung program Pemprov, karena di tahun 2021 ada agenda nasional yang dilaksankan di provinsi, yakni STQ tingkat Nasional," harapnya.

Turut dihadiri Ketua DPP IMM Najih Prosetyo, Asisten I Setda Malut Hasby Pora, Direktur Intelkam Polda Malut, Danrem 152/Babullah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Malut, Ketua dan pengurus FOKAL IMM Malut, Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), para pimpinan dan pengurus Ortom provinsi Malut, mewakili Wali Kota Ternate, mewakili Kapolres Kota Ternate, para pimpinan OKP dan kader IMM se-provinsi Malut. 

 (MG_02)


Reporter: Munawir Suhardi