Home / Hiburan / Komunitas
07 April 2019

Ini Sikap Ormas Oi Ternate, Pada Pemilu 17 April Mendatang

BPK Oi Ternate

TERNATE, OT - H-10 Jelang pemungutan suara, Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tanggal 17 April mendatang, Badan Pengurus Kota (BPK) Oi Ternate, kembali mengingatkan kepada jajarannya untuk tetap netral dan menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani.

Sekretaris BPK Oi Ternate, M Tasrik Imal menyatakan, berdasarkan Surat Edaran BPP Oi, ormas Oi tetap netral dalam proses Pilpres dan Pileg 2019.

Meski demikian, secara kelembagaan, BPK Oi Ternate menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April mendatang, "kita serukan kepada seluruh anggota Oi Ternate di manapun berada, untuk memberikan hak pilihnya pada tanggal 17 April mendarang, sesuai hati nurani," ujar Imal, Minggu (7/4/2019).

Menurutnya, sebagai ormas yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, Oi tidak berpihak pada salah satu Capres maupun Caleg yang maju pada Pemilu tahun ini.

"Walaupun ada anggota kami yang maju, tetapi secara kelembagaan Oi tidak pernah mengarahkan apalagi sampai menginstruksikan untuk memenangkan Capres atau Caleg tertentu, mereka (anggota Oi-red) memiliki kebebasan memilih," tegasnya.

Sementara itu, Ketua BPK Oi Ternate, Fadli yang akrab disapa Ibenk menyampaikan, Oi adalah ormas yang tidak memiliki keterikatan dengan partai politik dan atau pemerintahan, sehingga tidak memiliki kepentingan dalam pesta demokrasi 5 tahunan ini.

Kata dia, ormas Oi terikat dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) maupun Peraturan Organisasi (PO) yang diterbitkan oleh Badan Pengurus Pusat (BPP) Oi, "sehingga secara lembaga, Oi tidak berpihak, tetapi akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tahun ini," katanya.

Dia berharap, pesta demokrasi 5 tahunan ini, bisa berlangsung dengan aman, tertib dan demokratis, sehingga melahirkan pemimpin dan wakil rakyat yang mampu membawa Indonesia lebih baik lagi kedepan.

"Kepada seluruh anggota Oi Ternate, kami berharap, pada tanggal 17 April mendatang, gunakan hak pilih dengan memberikan suaranya di TPS masing-masing, masa depan bangsa ini ada ditangan kita, gunakan hak pilihnya sesuai hati nurani, mari bersama-sama kita jaga agar Pemilu tahun ini berlangsung jujur, aman, tertib dan demokratis," harapnya. (thy)


Reporter: Ibenk