Home / Hiburan / Komunitas
08 Agustus 2020

Arungi Selat Maitara dan Keliling Gunung Gamalama Jadi Selingan Kegiatan Kurban SuperAdventure Ternate

Perwakilan komunitas Mapala di Ternate sedang menyiapkan daging kurban yang akan dibagikan pada warga di Masjid Nurul Hijrah, Kalumata, Ternate dan warga di Pulau Maitara pada Sabtu (1/8/2020)

TERNATE, OT- Niat tiga komunitas mahasiswa pecinta alam (Mapala) yang tergabung dalam SuperAdventure Ternate untuk terlibat dalam kegiatan kurban tahun ini akhirnya terwujud.

Dengan menyumbang 2 ekor kambing, kegiatan kurban kolaborasi Karfapala Unkhair, MC. Palaikom, dan Mapala Muhammadiyah ini diselenggarakan di Masjid Nurul Hijrah, Kalumata, Ternate pada Sabtu (1/8/2020).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program bertajuk "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" yang melibatkan 379 komunitas di 42 kota. Lebih dari 15 ribu anggota dari komunitas besar seperti, SuperAdventure dan Bold Riders ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini.

“Setelah proses pemotongan, 25 anggota dari 3 komunitas mapala ikut membagikan daging kurban kepada warga di sekitar masjid. Selepas itu, mereka mengarungi Selat Maitara dengan speed boat selama 15 menit untuk menyalurkan daging kurban bagi warga di Pulau Maitara,” terang Koordinator SuperAdventure Ternate, Eryk Dwi Sebtyanto.

Tak hanya menyalurkan daging kurban, kolaborasi 3 komunitas mapala di Ternate ini juga punya tujuan lain di Pulau Maitara. Mereka juga bersilaturahmi dengan mengadakan kemping semalam di pulau yang pernah dijadikan ikon dalam uang pecahan Rp 1.000. Pada Minggu pagi (2/8/2020), mereka melakukan aksi membersihkan sampah di sekitar Pantai Wisata Maitara.

Kegiatan kurban juga dilakukan komunitas CB Maluku Utara yang tergabung dalam Bold Riders Ternate di Pondok Pesantren Darul Falah. Bahkan member CB Canga dari Galela harus menempuh perjalanan selama 6 jam dan anggota CB Marimoi harus menyeberangi selat selama 45 menit dari Tidore demi berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Setelah membantu proses penyembelihan, para member komunitas CB Maluku Utara ini kemudian membantu distribusi ke warga di sekitar pondok pesantren. Mereka juga membagikan daging kurban ke Kelurahan Sulamadaha di Ternate Barat. 

“Untuk menjangkau daerah tersebut, para bikers harus melakukan konvoi dan riding selama 1,5 jam mengelilingi Gunung Gamalama. Ini sekaligus menjadi tradisi para bikers di Ternate. Setelah itu, komunitas kembali ke Benteng Ford Oranje yang juga menjadi titik kumpul,” imbuh Eryk yang juga merupakan Koordinator Bold Riders Ternate.

Selain CB Maluku Utara, komunitas motor lain yang ikut serta dalam kegiatan kurban adalah Maxi. Mereka melakukan pemotongan di Mushola Al Ghozali Ternate dan membantu pendistribusian kepada warga sekitar. Setelah acara, para member Maxi juga melakukan riding mengelilingi Gunung Gamalama. (*)(red)


Reporter: Tim