Home / Berita / Hukrim
14 Maret 2020

Seorang Warga Santiong Ditemukan Tewas Terapung di Perairan Belakang Mall

Korban dievakuasi masyarakat dan anggota Ditreakrimum

TERNATE, OT - Seorang warga yang diketahui berdomisili di Kelurahan Santiong Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara berinisial Y alias Yasen ditemukan terapung di perairan belakang Jatiland Mall Kelurahan Gamalama.

Informasi yang dihimpun indotimur.com menyebutkan, pria paruh baya warga Kelurahan Santiong yang ditemukan tewas terapung di belakang Jatiland Mall, Sabtu (14/3/2020) sekitar jam 15:20 WIT.

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Malut, Kombes (Pol) Dwi Hindarwana ketika ditemui indotimur.com di kantor Ditkrimum Polda Malut membenarkan temuan mayat tersebut tak jauh dari kantor Ditkrimum atau di perairan belakang Jatiland Mall Ternate.

Dirkrimum menjelaakan  kronologi penemuan warga ini, bermula saat seorang saksi mata atas nama, Nurdin Dingo melaporkan telah melihat sesosok mayat terapung di perairan belakang Jatiland Mall Ternate kepada warga sekitar.

Temuan ini, kemudian dilaporkan ke petugas piket Ditreskrimum untuk menuju lokasi yang tidak jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk memberikan pertolongan.

Dalam upaya ini, petugas bersama warga menggunakan satu unit speedboot Cahaya milik Harmin Hasan untuk melakukan evakuasi, "namum pada saat korban diangkut ke dalam speedboot, kondisi korban sudah tidak bernafas," kata Direskrimum.

Saat berada di darat, salah seorang perawat yang kebetulan berada di sekitar lokasi sempat melakukam upaya pertolongan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) atau resusitasi jantung paru dengan menekan kedua telapak tangan di bagian tengah dada selama 15 menit, namun kondisi korban tidak bisa tertolong, korban dinyatakan sudah meninggal dunia.

Petugas langsung menghubunggi mobil ambulans Bid Dokes Polda Malut untuk mengantar jenazah ke rumah sakit RSUD Chasan Boesoerie Ternate untuk dilakukan otopsi.

"Sekarang kami belum tahu penyebab kematian korban anggota saya masih mengambil keterangan dari pihak keluarga korban. Jenazah korban sudah berada di ruang mayat RSUD Chasan Boesoerie Ternate untuk dilakukan otopsi sambil menunggu pihak keluarga datang," pungkasnya. (ran)


Reporter: Randy Basri