Home / Indomalut / Halut
04 September 2019

Masyarakat Halut Digegerkan Dengan Ledakan Bom

Lokasi ledakan bom di Desa Gulo, Kao Utara

TOBELO, OT- Masyarakat Desa Gulo, Kecamatan Kao Utara, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) digegerkan dengan ledakan bom di belakang rumah seorang warga setempat, Selasa (3/9/2019) pukul 11.20 wit.

Kanit Pulbaket Polsek Kao mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa terjadi peristiwa ledakan yang diduga bom rakitan di Desa Gulo Kecamatan Kao Utara. Sekira pukul 12.00 Wit perseonel gabungan Polsek Kao, Koramil Kao dan Satgas 734/SNS Saumlaki Pos-6 Kao, dibawah pimpinan Kapolsek Kao Iptu Syarif Djumati turun ke tempat kejadian perkara (TKP) guna melakukan identifikasi sekaligus mengamankan TKP.

Menurut warga Desa Gulo, Wilter Mico mengatakan, pada saat kejadian dirinya sedang menonton TV, setelah mendengar bunyi ledakan langsung keluar dan mencari arah ledakan, ketika dicek ternyata ledakan tersebut terjadi tepat di belakang rumahnya.

"Kami tidak mengetahui dengan pasti apa motif dari ledakan tersebut, karena sejauh ini desa Gulo dalam kondisi aman dan tentram," tandasnya.

Sementara Hein Soputan, yang juga warga Gulo mengatakan, kejadian ledakan terjadi di bibir pantai Desa Gulo tepatnya di belakang rumah Wilter Mico. "Kami tidak mengetahui secara pasti apa motif dari ledakan bom yang sengaja di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," terangnya.

Menurutnya, berkaitan dengan ledakan bom tersebut, di Desa Gulo terdapat beberapa oknum yang sering melakukan aktivitas menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak (bom rakitan). "Jadi kami harapkan agar  orang-orang yang tidak bertanggung jawab segera diselidiki," pintahnya.

Sementara Kapolres Halmahera Utara melalui Kasubag Humasnya, Aiptu Hopni Saribu membenarkan adanya ledakan bom di pantai Desa Gulo. Setelah aparat mendapat informasi dari warga setempat, tim gabungan TNI-Polri langsung menuju ke TKP.

"Sampai saat ini dilaporkan situasi Desa Gulo masih terpantau aman dan terkendali. Guna menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban serta kenyamanan masyarakat, maka di tempatkan 3 orang personil Polsek Kao untuk disiagakan," tandasnya.(don)


Reporter: Donis Katengar