Home / Indomalut / Halut
13 Agustus 2019

Malas Berkantor, Warga Gorua Selatan Keluhkan Plt Kades

Kantor Desa Gorua Selatan

TOBELO, OT- Plt kepala Desa (Kades) Gorua Selata (Gorsel) kecamatan Tobelo Utara, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Fahrul Pandanga dikeluhkan warganya karena malas berkantor.

Warga yang melakukan pengurusan di kantor desa selalu tidak menemukan Kades. Bahkan diketahui Kades berkantor dua bulan sekali.

Salah satu masyarakat Desa Gorua Selatan, Husen Alcan mengatakan, dirinya melakukan pengurusan di kantor desa tidak pernah bertemu dengan Kades. "Saya melakukan pengurusan surat untuk kelengkapan surat-surat kuliah saya di kantor desa, tetapi kades tidak ada di kantor desa," jelas Husen kepada awak media, Selasa (13/08/2019).

Menurutnya, apalagi saat ini semua menghadapi perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus ini, tetapi dalam persiapan peraayaan, Kades tidak beradapa di tempat. "Saat ini Desa Gorua Selatan seperti tidak ada Kades, seperti kapal yang tidak mempunyai nahkoda," tuturnya.

Sementara Arman yang juga warga Desa Gorua Selatan mengatakan, hal yang sama dirinya berurusan di kantor Desa tidak pernah ketemu dengan Kades. "Sampai saat ini masyarakat tidak mengenal Plt Kades, karena setelah diberikan SK Plt kadang muncul di masyarakat," ungkapnya.

Terpisah, salah satu staf di kantor Desa Gorua Selatan yang enggan namanya dipublish mengatakan Kepala Desa berkantor dalam tiga bulan hanya sekali. "Iya, Kades berkantor dalam waktu tiga bulan, hanya satu kali berkantor. Sampai saat belum juga muncul," ungkapnya.

Hingga berita ini dipublis, Kades Gorua Selatan di hubungi via telepon diluar jangkauan.(don)


Reporter: Donis Katengar