Home / Indomalut / Halut
08 Juli 2019

Komisi II DPRD Halut Akan Dorong Pembangunan Pabrik Ikan

Janlis Kitong

TOBELO, OT- Komisi II DPRD Kabupaten Halmahera Utara (Halut), provinsi Maluku Utara (malut), akan mendorong anggaran pembangunan pabrik ikan di tahun 2020 nanti.

Hal ini berdasarkan Hasil kunjungan kerja Komisi II DPRD Halut di Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Ternate pada Minggu lalu, terkait pembangunan pabrik perikanan. “Sangat penting meningkatkan sektor perikanan yang betul-betul menyiapkan infrastruknya,” kata Ketua Komisi II DPRD Halut, Janlis Kitong.

Di Halut, kata dia, tidak punya pabrik es dan belum punya pabrik ikan yang daya tampungnya di atas 100 ton, sehingga ikan melebihi daya tamping sehingga ikan hanya ditanam. Sementara  di Kota Ternate sudah punya pabrik ikan.

Menurutnya, pabrik ikan sangat penting bagi Kabupaten Halut, sehingga hal ini perlu didorong pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Halut tahun 2020 mendatang. "Kita akan terapkan di Halut melalui APBD 2020, karena kita sudah mendapat referensi pada kunjungan kerja kemarin," jelasnya.

Selain itu, Janlis menyatakan, akan memanggil Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Halut untuk dibahas bersama sesuai hasil kuker tersebut. "Minggu depan kita panggil Kadis Perikanan untuk diskusi bersama, demi hal-hal yang lebih baik bagi Halmahera Utara kedepan," katanya.


Reporter: Donis Katengar