Home / Pariwisata / Event
28 April 2019

Wali Kota Ternate Buka Festival Kuliner Khas Daerah Nusantara

Wali Kota Ternate, mengunjungi stand Festival Kuliner Nusantara di Ternate

TERNATE, OT -Wali Kota Ternate, H Burhan Abdulrahman, Minggu (28/42019), membuka dengan resmi Pameran Festival Kuliner Khas Daerah Nusantara dan Pentas Seni Budaya di lapangan Ngara Lamo Kelurahan Soa Sio Kecamatan Ternate Utara Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Pameran Festival Kuliner Khas Daerah yang diselenggarakan selama dua hari itu,  dilaksanakan oleh Forum Pembauran Kebangsaan Kota Ternate bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkot Ternate ke-20, tahun 2019.

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdulrahman dalam sambutanya mengatakan, pemerintah bersama-sama masyarakat Kota Ternate terus berupaya untuk melakukan promosi wisata melalui berbagai event termasuk Pameran Festival Kuliner Khas Daerah Nusantara dan Pentas Seni Budaya.

"Festival Kuliner dan Pentas Seni Budaya, merupakan bagian dari promosi pariwisata karena pada beberapa waktu kemarin, saya rmenghadiri Ubud Food Festifal (UFF) di Bali. Festival kuliner ini merupakan festival yang bertaraf internasional dimana Kota Ternate diberikan kesempatan menyajikan kuliner khas Ternate yang dicicipi sekitar 100 chef internasional, tentu ini sangat luar biasa untuk mempromosikan Kota Ternate kepada wisatawan asing," kata Wali Kota.

Dia berharap, event ini, kedepan dikemas lebih baik dan lebih profesional, sehingga pada festival ini, dapat menghadirkan nuansa Indonesia mini ada di Ternate pada pelaksanaan Festival Kuliner dan Pentas Seni Budaya yang nanti akan diselenggarakan setiap tahunnya.

"Kuliner dan budayanya dan akan dijadikan agenda atau event pariwisata Kota Ternate tentu ini harus duduk bersama untuk bisa mendesain lebih baik lagi agar bisa memeliki daya tarik bagi wisatawan yang akan datang di Ternate," harap Wali Kota.

Pemerintah, lanjut Wali Kota, sedang mendesain kawasan khusus kuliner khas nusantara di wilayah Kakumata, "kedepan akan dibuat kawasan khusus kuliner khas daerah nusantara yang akan ditempatkan di daerah Kelurahan Kalumata Kecamatan Ternate Selatan untuk dijadikan pusat perdagangan baru agar bisa memecahkan kepadatan yang selama ini, terpusat di tengah kota," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota dua periode itu juga menetapkan agenda Festival Kuliner Khas Daerah Nusantara akan ditetapkan sebagai event tahunan yang menjadi bagian dari salah satu event pariwisata Kota Ternate.

"Pelaksanaan ini, merupakan kali ke-4 pelaksanaan Festival Kuliner Nusantara, ajang ini mendapat perhatian yang cukup tinggi, sehingga kedepan, saya berharap, festival ini dikemas lebih baik lagi, mulai dari sosialisasi, publikasi hingga banyak orang mengatahui, Ternate memiliki event Festival Kuliner Nusantara dan Pentas Seni Budaya," harap Wali Kota.

Sementara itu, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kota Ternate, Jubair Situmorang mengatakan, pada pelaksanaan Festival Kuliner Khas Daerah, tercatat sedikitnya ada 22 paguyuban yang ikut ambil bagian.

"Untuk kedepanya sesuai penyampaian Wali Kota Ternate terhadap penyedian tempat kuliner khas daerah agar bisa cepat teralisasi hingga bisa tertata dengan rapi bukan hanya kuliner yang disajikan di sana namun akan ditata juga dengan seni dan budaya," harap Jubair. (red)


Reporter: Randy Basri