Home / Pariwisata / Event
29 Juni 2019

Wali Kota Ternate, Ajak Komunitas Hadiri ICCF Di Ternate

SURABAYA OT - Indonesia Creative Cities Network (ICCN) menyelenggarakan Rakornas dan Seminar Nasional dengan tema “Kolaborasi dalam pengembangan Ekonomi Kreatif” di Hotel Four Points, Jl. Embong Malang, Surabaya, Jumat (28/6/2019).

Pada pelaksanaan Rakornas dan Seminar Nasional ICCN di Surabaya, Ternate selaku tuan rumah ICCF dihadiri oleh Wali Kota Ternate H Burhan Abdurahman bersama Pembina Jaringan Komunitas Ternate (Jarkot) H Rizal Marsaoly beserta Kadis Pariwisata, Samin Marsaoly serta Kepala Bapelitbangda Kota Ternate, H Said Assagaf.

Saat memberikan materi pada Seminar, Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman mengatakan, pertumbuhan komunitas di Kota Ternate cukup signifikan, "hal ini didasari pada dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate untuk menyediakan sarana, fasilitas dan anggaran untuk komunitas yang ada di Ternate," kata Wali Kota.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan pemerintan, adalah menyediakan ruang publik untuk dikelola dan dimanfaatkan oleh pegiat komumitas di Ternate, "di Ternate, ada sebuah benteng peninggalan Belanda yang kita sediakan kepada berbagai komunitas, mulai dari komunitas seni, fotografer, kuliner, komunitas budaya hingga komunitas-komunitas lainnya untuk memanfaatkan Benteng sebagai pusat komunitas di Ternate," ungkap Wali Kota.

Selain itu, dari segi anggaran, kata Wali Kota, Pemkot Ternate telah melibatkan komunitas dalam penyusunan anggaran melalui forum Musrembang, "kita libatkan generasi muda komunitas untuk.menyampaikan usulan-usulan pada forum Musrembang, ini dilakukan untuk menunjang para komumitas di Ternate," tukas Wali Kota seraya menyebut, di kawasan benteng Oranje, hampir aetiap saat ada even-even komunitas.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota dua periode itu mengajak selurub komumitas yang tergabung dalam ICCN untuk menghadiri pelaksanaam ICCF rahun i ni di Kota Ternate, "saya mengajak seluruh komumitas untuk menghadiri puncak pelaksanaan ICCF di Ternate, bulan September mendatang," ajak Wali Kota.

ICCN adalah simpul organisasi yang berkomitmen untuk mewujudkan 10 prinsip kota kreatif. Saat ini sudah 211 inisiatif kabupaten/ kota yang bergabung dengan ICCN dan di bawah koordinasi 11 koordinator daerah bergabung di pengurus pusat ICCN.

Tujuan Rakornas dan Seminar Nasional ini, untuk menggalang sinergi antar kabupaten/ kota kreatif di Indonesia sehingga dapat mencapai tujuan bersama. Selain itu, juga untuk saling mendukung dalam pengembangan ekonomi kreatif demi peningkatan kesejahteraan di wilayah masing-masing.

Selain Wali Kota Ternate, kegiatan yang dilangsungkan selama.dua hari itu, juga mengjadirkan, Freddy Harris, Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, Tri Retno Isnainingsih, Kepala Badan Perencanaan dan PengembanganKetenagakerjaan, Wali Kota Malang, H. Sutiaji serta Tri Dewi Virgiyanti, Direktur Perkotaan, Perumahan dan Permukiman Bappenas.(thy)


Reporter: Ibenk