Home / Pariwisata / Event
03 Juli 2019

Pemkot Ternate Ikut Pawai Budaya Dan Indonesia City Expo 2019

Dispar Kenalkan Potensi Wisata Ternate, Disperindag Promosikan Sirup Pala

Kontingan Pemkot Ternate pada ajang pawai budaya dalam rangkaian acara Rakornas XIV Apeksi 2019 di Semarang

SEMARANG, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Pariwisata (Dispar), ikut ambil bagian pada pagelaran pawai budaya dalam rangkaian acara Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Kota Semarang.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran dan Promosi, Dinas Pariwisata (Dispar).Kota Ternate, Mochtar Ibrahim menjelaskan, dalam rangkaian acara Rakornas XIV Apeksi tahun 2019, Pemkot Ternate melalui Dinas Pariwisata mengikuti dua item kegiatan, yakni pawai budaya dan Indonesia Expo 2019.

"Jadi, kita ambil bagian pada dua item yaitu, pawai budaya dan Indonesia City Expo," kata Mochtar, Rabu (3/7/2019).

Menurutnya, pada pawai budaya, kontingen Pemkot Ternate berjumlah 15 orang dari tiga OPD, yakni Dispar, Disperindag dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA).

Dalam pawai budaya, sambung Mochtar, Kota Ternate menampilkan pakaian adat Ternate serta icon burung bidadari, "kita perkenalkan pakaian adat Ternate dan icon burung bidadari untuk memperkenalkan Ternate ke khalayak," tukasnya.

Mochtar yang akrab disapa Ota juga menjelaskan, selain ikut pawai budaya, Dispar bersama Disperindag Kota Ternate, juga berkaloborasi dalam ajang Indonesia City Expo 2019 yang dipusatkan di kawasan Simpang Lima Kota Semarang.

"Selain ikut berpartisipasi pada pawai budaya, Dispar Kota Ternate juga ambil bagian pada Indonesia City Expo 2019 yang dipusatkan di kawasan Simpang Lima Kota Semarang," kata Ota yang ditemui saat mendampingi delegasi Kota Ternate pada ajang pawai budaya.

Kata dia, kolaborasi Dispar dan Disperindag pada ajang Indoneaia City Expo 2019 ini, selain untuk mempromosikan Kota Ternate, ajang ini juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan potensi wisata dan produk-produk lokal dari UKM/IKM di Kota Ternate.

"Kita mempromosikan potensi wisata alam maupun situs sejarah, baik benteng-benteng peninggalan Belanda, Spanyo dan Portogis, kita juga memperkenalkan wisata alam seperti danau Tolire, pantai Sulamadaha, pantai Tobololo aerta wisata alam lainnya," pungkas Ota.

Dalam ajang Indonesia City  Expo, Pemkot Ternate melalui Dispar dan Disperindag menampilkan berbagai produk lokal khas Ternate, semisal sirup pala, manisan pala, minyak cengkih, kerajinan tangan serta potensi pariwisata alam dan situs sejarah di Kota Ternate.

Kontingan Pemkot Ternate pada ajang pawai budaya dalam rangkaian acara Rakornas XIV Apeksi 2019 di Semarang. (thy)


Reporter: Ibenk