Home / Ekonomi / Bisnis

Ini 20 UMKM Yang Lolos Ke Semifinal Syukurdofu Festival 2021

22 Januari 2021
Abd. Haris Muhiddin (foto_randi)

TIDORE, OT - Panitia Syukurdofu UMKM Festival 2021, Jumat (22/1/2021) secara resmi mengumumkan 20 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara yang lolos ke babak semifinal "Syukurdofu UMKM Festival 2021"

Founder Syukurdofu Indonesia, Abd. Haris Muhiddin dalam keterangan resminya yang diterima indotimur.com menyatakan, 20 peserta UMKM yang dinyatakan lolos ke semifinal sudah melalui penilaian yang ketat oleh panitia pelaksana.

Peserta UMKM (foto_randi)

Kata dia, berdasarkan hasil penilaian, ada tiga kriteria yakni bisnis potensial, problem solving dan penguasaan produk yang dinilai.

"Sejauh mana mereka (UMKM) ini bisa menguasai produk mereka sendiri sehingga bisa menjadi solusi untuk masyarakat banyak," kata Abd Haris.

"Yang kita catat itu total pendaftaran ada 50 UMKM namun yang berhasil lolos hanya 20 UMKM," sebutnya.

Berikut nama-nama peserta UMKM yang lolos ke semi final Syukurdofu UMKM Festival 2021 diantaranya, Falfood dari Kelurahan Tuguwaji disusul, Mauza Toys Rental dari Kelurahan Gamtufkange, Mahode Tidore dari Kelurahan Mareku, Kabong Cahaya dari Kelurahan Tosa, Duta Gelex dari Kelurahan Cobodoe, Gerai Gernapeg dari Kelurahan Mareku.

Selanjutnya, Legend House dari Kelurahan Tomagoba, Galasi Kreatif dari Kelurahan Topo, Good Daddy dari Kelurahan Indonesiana, MEUS dari Kelurahan Tuguwaji, Rumah Lukis dari Kelurahan Guraping, Nuka dari Kelurahan Gamtufkange, SF Automodif dari Kelurahan Gamtufkange.

Suasana Peserta UMKM Mengikuti Materi (foto_randi)

Selain itu, Bira Bento dari Kelurahan Gamtufkange, Kelompok Wanita Rasai dari Kelurahan Jikocobo, Samanta dari Kelurahan Tuguwaji, Fola Doyo dari Kelurahan Dowora, Limbah Kayu dari Kelurahan Gamtufkange, Kelompok Tani Tugu Damai dari Kelurahan Jaya dan Dourube dari Kelurahan Tosa.

Haris menambahkan, untuk peserta yang telah dinyatakan lolos ke semifinal, panitia akan melakukan meeting pada 23 Januari untuk membahas hal tekhnis dan bentuk persiapan untuk presentasi ide bisnis di depan para juri pada  7 Februari nanti.

Setelah dilakukan meeting maka panitia akan dilanjutkan dengan survey lokasi usaha peserta dari tim syukurdofu dan pihak Bank Maluku Malut cabang Soasio Tidore.

Berita Sebelumnya : 38 UMKM Tikep Promosikan Produk Lokal di Syukurdofu Festival 2021

Dia berharap UMKM yang belum lolos tetap bersemangat, sebab semua peserta yang mendaftar sudah menjadi yang terbaik, tapi dalam sebuah kompetisi, pasti ada yang menang dan ada yang kalah.

"Ini bukan soal menang kalah, yang terpenting adalah semua berkumpul dan saling mengenal sesama UMKM Tidore," ungkap Abd Haris.

"Kami dari Syukurdofu, Bank Maluku dan Dinas Perindagkop tidak akan tinggal diam, kami akan terus berkomunikasi dengan teman-teman untuk mendorong perkembangan dan kemajuan UMKM di Tidore kepulauan," tutupnya.

 (ran)


Reporter: Randy Basri
Editor: Ibenk