Home / Ekonomi / Bisnis
09 Juni 2020

Diduga Main Harga BBM, Perindagkop Haltim Akan Panggil Pemilik APMS Maba Selatan

Lutfi Karim

HALTIM,OT- Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) melalui Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi Usaha Kecil Menengah bakal memanggil pemilik Agen Premium dan Minyak Solar (APMS) Maba Selatan.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Haltim, Lutfi Karim mengatakan, pemilik APMS tersebut bahkan sudah dua kali dipanggil oleh pihaknya karena berdasarkan laporan warga menduga terjadi permain harga di APMS tersebut. 

"Sudah dua kali pemanggalin bahkan dibuat pernyataan dan ditandatangani yang bersangkutan," kata Lutfi, di ruang kerjanya Selasa (09/06/2020).

Dikatakan, permainan harga premium dan solar bahkan menjual minyak di luar Haltim tidak diketahui oleh pemilik APMS Maba Selatan. "Pemilik tidak ketahui hal ini, jadi kami akan panggil penjaga sekaligus pemilik APMS," katanya.

Kata dia, terkait persoalan ini Perindagkop akan memberikan sanksi tegas dan berkoordinasi dengan pemilik APMS bahkan sanksinya bisa APMS itu ditutup.

"Bisa saja sanksi itu kami tutup APMS karena sudah berapa kali kami tegur dan panggil yang bersangkutan," katanya.

Bahkan kata dia, berdasarkan laporan warga setempat penjaga APMS tersebut seringkali menjual minyak baik Premium maupun Solar ke luar Haltim.

"Jadi bukan hanya main harga, yang bersangkutan jual diluar Haltim," katanya.

Untuk diketahui, penetapan harga Premium dan Solar ditetapkan berdasarkan harga Nasional, Rp 6.450, Solar, Rp 5.150, Dexlite Rp 9.700 dan Pertalite Rp 7.850.

"Memang saya belum temukan ada permain harga di atas penetapan, tapi berdasarkan laporan warga yang bersangkutan sering lakukan itu," katanya.

Untuk itu, Perindagkop akan nemanggil penjaga dan pemilik APMS Maba Selatan CV. Maba Petrolium Halmahera. (dx)


Reporter: Rudi Mochtar