Home / Advertorial / Bappelitbangda

Program 100 Hari Kerja Tauhid-Jasri, Sebagai Pemantik Untuk Memotivasi OPD

Rizal : Implementasi 100 Hari Kerja Juga Bagian Dari Evaluasi
03 Agustus 2021
Plt Kepala Bapelitbangda Kota Ternate, Dr H. Rizal Marsaoly

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, dibawah kepemimpinan M Tauhid Soleman dan Jasri Usman, Selasa (3/8/2021) hari ini genap berusia 100 hari, setelah dilantik pada 26 April lalu.

Dalam 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate itu, ada 5 program sebagai pemantik sebelum visi misi "Ternate Andalan" dilaksanakan.

Plt Kepala Badan Perencanaan, Pengembanan dan Penelitian Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate, Rizal Marasoly dalam keterangan resminya menyampaikan, program 100 hari kerja dibuat sebagai pijakan awal untuk memotivasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mencapai RPJMD.

"Dari posisi itu, kita bisa menilai OPD mana yang merespon dan konsisten mewujudkan visi misi wujudkan Ternate yang Mandiri dan Berkeadilan atau Ternate ANDALAN," kata Rizal, Selasa (3/8/2021) di kantor Bappelitbangda.

Menurutnya, ada 5 program sebagai pemantik, sebelum RPJMD itu ditetapkan nanti. Hal ini sebagai wujud komitmen bersama Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam menyelesaikan beberapa masalah mendasar di 100 hari awal pelantikan, antara lain, penanganan covid-19, pemulihan ekonomi, penanganan sampah, penanganan air bersih serta kota inklusif untuk disabilitas.

BACA JUGA :Pemkot Ternate Resmi Serahkan Dokumen Ranwal RPJMD Kota Ternate

Beberapa kebijakan dari 5 program tersebut, lanjutnya, sudah terlaksana melalui beberapa OPD terkait, baik itu secara teknis di lapangan maupun ketersediaan dukungan regulasi.

"Kami akui dan menyadari betul bahwa masih terdapat beberapa kekurangan dan kelemahan di lapangan dalam mengimplementasi 5 program tersebut," ujar Rizal.

Kata dia, Bappelitbangda terus melakukan monitoring dan evaluasi serta intens berkoordinasi dengan OPD teknis terkait, dalam rangka mengoptimalkan kebijakan perencanaan yang lebih baik kedepan. "Keterbatasan sarana dan prasarana pendukung di lapangan akan menjadi prioritas utama, dalam mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat," sambungnya.

BACA JUGA : Ternate Menjadi Daerah Pertama di Malut Yang Rampungkan Ranwal RPJMD

Mantan Kadis Perkim Kota Ternate itu menambahkan, keberlanjutan dari pelaksanaan program-program prioritas 100 hari kerja tersebut, sudah terakomodir secara aspiratif, sistematis dan terencana dalam RPJMD Kota Ternate 2021-2026, "dengan telah melewati beberapa tahapan kaidah perencanaan, yang kemudian akan terimplementasi melalui program dan kegiatan OPD dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) setiap tahunnya," terang Rizal.

Bappelitbangda, sambung Rizal, akan terus mengawal tahapan perencanaan ini, sehingga secara maksimal benar-benar bisa menjawab apa yang menjadi harapan dan cita cita dalam mewujudkan Ternate yang Mandri dan Berkeadilan.

"Tentunya, dengan berkolaborasi dan bersinergi dalam program-program inovasi daerah yang terpadu, terarah dan tepat sasaran, kami tetap TULUS bekerja untuk rakyat dan insya Allah bisa lebih baik kedepan," harapnya.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT