Home / Advertorial / Bappelitbangda

Akhir Pekan Ini, Festival Kampung Ramadan Diresmikan

Benteng Oranje di Ternate Jadi Pusat Kampung Ramadan
05 April 2022
Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly

TERNATE, OT - Untuk menyemarakan bulan suci ramadan 1443 H/2022 M, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate menggelar sejumlah kegiatan bernuansa Islami.

Selain Safari Ramadan, Pemkot Ternate juga akan menyelenggarakan "kampung ramadan" di kawasan situs cagar budaya Fort Oranje (benteng Oranje) Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly menyatakan, launching "kampung ramadan" rencananya dilakukan pada Sabtu (9/4/2022) yang dirangkai dengan kegiatan festival gendang sahur.

“Festival gendang sahur telah dibuka pendaftarannya sejak hari Senin (4/4/2022) sampai tanggal 8 April 2022 secara gratis," kata Rizal baru-baru ini.

Kata dia, kegiatan gendang sahur yang dilaksnakan Pemkot Ternate memperebutkan total bonus sebesar Rp 20 juta.

Selain gendang sahur, kata Rizal, Pemkot juga akan menggelar sejumlah kegiatan pendukung lainnya, "ada kegiatan pendukung lainnya pada launching kampung ramadan yaitu buka puasa bersama dengan anak yatim yang ada di sejumlah panti asuhan di Kota Ternate," sebutnya.

“Kami melibatkan BUMN, Perbankan dan juga akademisi untuk buka puasa bersama dengan anak yatim. Namun tidak menutup kemungkinan bagi yang ingin berpartisipasi menyediakan menu buka puasa, bisa menghubungi kontak person yang sudah dibagikan dalam bentuk flayer,” tambahnya.

Rizal menambahkan, kampung ramadan yang rencana digelar selama 20 hari ramadan itu, akan melibatkan puluhan pelaku usaha termasuk para pedagang takjil.

"Kami mengajak masyarakat untuk mengunjungi kampung ramadan di benteng Oranje, karena berbagai produk pelaku usaha akan disajikan, termasuk takjil dan busana-busana muslim," tukas Rizal.

Sementara itu, Sekretaris Disperindag, Muchlis Djumadil menyatakan, hingga saat ini tidak kurang dari 24 pedagang telah mendaftar untuk menempati stand atau lapak yang telah disediakan Disperindag.

Dia mengaku, sampai saat ini, Disperindag selaku koordinator kampung ramadan masih membuka pendaftaran bagi pelaku usaha, baik pedagang pakaian, pedagang aksesoris maupun pedagang takjil untuk mendaftar sebagai peserta fastival kampung ramadan.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT