Home / Advertorial / Ayo Ke Ternate

Wali Kota Ternate, Serahkan Bantuan Untuk Pelaku Usaha Pariwisata

01 Januari 2022
Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman didampingi Plt Kadispar Rizal Marsaoly saat menyerahkan bantuan

TERNATE, OT - Lebih dari 300 pelaku usaha ekonomi kreatif bidang pariwisata di Kota Ternate, menerima bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Dinas Pariwisata.

Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Wali Kotq Ternate, M Tauhid Soleman litu, dipusatkan di halaman kantor Dinas Pariwisata Kota Ternate, Jumat (31/12/2021) kemarin

Wal iKota Ternate, M. Tauhid Soleman dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah tetap memberikan perhatian terhadap para pelaku usaha untuk mendukung kegiatan-kegiatan ekonomi baik pedagang UMKM, dan komunitas insan perfilman dan musik.

Menurutnya, dalam dua tahun terakhir, ekonomi masyarakat mengalami keterpurukan akinat pamdemi covid-19, sehingga membuat sebagian besar pendapatan masyarakat ikut berkurang, dan sangat berpengaruh pada pendapatan para pedagang maupun pelaku usaha di Ternate.

Dia berharap,.bantuan yamg disalurkan untuk para pelaku usaha bidang pariwisata, perfiliman dan komunitas lainnya, dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat, sehingga berdampak pada tingkat produktifitas pelaku usaha bidang pariwisata.

"Dengan pemberian bantuan ini, kami.berharap mudah-mudahan dapat menambah produksi usaha bagi para pelaku UMKM, terutama di lokasi Tolire, begitu juga dari komunitas perfilman," harap Wali Kota.

Foto bersama

Sementara itu, Plt Kadis Pariwisata Kota Ternate, Rizal Marsaoly, menyampaikan, anggaran bantuan untuk para pelaku ekonomi kreatif di bidang pariwisata, bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) Kota Ternate, pemulihan ekonomi nasional untuk wilayah Maluku Utara, khususnya Kota Ternate.

Dia mengatakan, Pemerintah Kota Kota Ternate telah berkomitmen untuk terus mendorong kegiatan-kegiatan berbasis partisipatif sebagai upaya mendorong para pelaku usaha khususnya yang ada di destinasi wisata Kota Ternate, dalam rangka membantu meringankan beban mereka di tengah pandemi.

Dia menjelaskan, anggaran DID, merupakan anggaran tahun kedua, dimana pada tahun pertama disalurkan untuk pelaku usaha di Sulamadaha dan sejumlah kawasan wisata lainnya di Ternate.

“Maka hari ini bantuan diserahkan oleh Wali Kota Ternate kepada beberapa pelaku ekonomi kreatif Pariwisata seperti, pelaku usaha destinasi Tolire, destinasi Jikomalamo, insan perfilman dan lainnya dan itu berkisar 300 lebih pelaku usaha yang akan kita distribusikan bantuan ke mereka,” tutup.Rizal.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT