Home / Advertorial / Ayo Ke Ternate

Sambut HAJAT dan Dukung Sail Tidore, Pemkot Ternate Gelar Festival Bahari

24 November 2022

TERNATE, OT – Dalam menyongsong Hari Jadi Ternate (HAJAT) ke-772, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui panitia pelaksana HAJAT akan menggelar lomba karnaval perahu hias dan lomba dayung.

Kegiatan ini akan melibtakan masyarakat nelayan pesisir dan masyarakat umum.

Kepala DInas Pariwisata Kota Ternate, Rustam P, Mahli dalam keterangan resminya menyebutkan, setelah dilauncingnya rangkaian HAJAT 772 oleh Wali Kota Ternate pada akhir pekan kemarin, masing-masing OPD terkait akan menyiapkan berbabagi event atau lomba.

Kata dia, sebagai perangkat daerah yang memiliki tupoksi di bidang pariwisata, pihaknya akan menggelar festival bahari, atau festifal kora-kora.

“Jadi ada dua kategori yakni, pertama karnaval perahu hias  rencana diikuti oleh 50 peserta perwakilan dari para nelayan se-kota Ternate,   bekerjasama dengan dinas Perikanan dan Kelautan Kota Ternate, kemudian kategori lomba "panggyung bebas" (dayung sampan) yang rencananya diikuti dari berbagai kalangan, komunitas, lembaga, instansi, bahkan ada perwakilan dari Kabupaten dan Kota se-Provinsi Maluku Utara," kata Rustam.

Dia menyampaikan, hingga saat ini, peserta yang telah menyatakan siap berlomba sebanyak 75 kelompok pada dua ketegori lomba, "pendaftaran yang masuk ke panitia sudah diatas 75 kelompok peserta,” sambung Rustam, Kamis (24/11/2022) di Ternate.

Dia juga menyatakan, kegiatan ini juga bagian dari upaya Pemkot Ternate untuk mendukung pelaksanaa Sail Inonesia di Tidore serta pemulihan ekonomi bagi masyrakat sehingga melibatkan para pelaku usaha kecil menengah untuk berbpartisipasi.

“Ini juga bagian dari instruksi pak Wali Kota, untuk mensukseskan kegiatan HAJAT dan Sail Tidore,” jelasnya.

Rencananya, festival bahari akan dilaksanakan pada akhir pekan ini dengan berbagai acara pendukung lainnya, "rencananua rangakaian kegiatan  pembukaan pada tanggal, 27 November 2022, akan ditampilkan atraksi dan konfigurasi tarian klosal dengan farmasi 772 tahun, serta melibatkan  peserta kurang lebih 200 orang," jelas Rustam seraya menyebut ada tampilan tulisan angka 772 sebagai symbol HAJAT.

Pada kesempatan itu, lanjut Rustam, Pemkot Ternate melalui panitia HAJAT bekerja sama dengan TNI/AL/Polri untuk melaksanakan bakti sosial masyarakat pesisir, "pembersihan ini lebih fokus di kedalaman laut, pesisir pantai  dengan melibatkan komunitas penyelam (diving) se-kota Ternate dan warga pesisir lainnya," ungkap Rustam.

Dia juga menambahkan, pada acara pembukaan atau open ceremony lomba dayung atau festival bahari, Wali Kota juga akan menyerahkan penghargaan dan bantuan sosial kepada petugas dan satgas yang selama ini berkerja menjaga atau merawat distinasi wisata di Kota Ternate.

Sementara itu, koordinator acara panitia HAJAT, Nuryadin Rachman menambahkan, pada gelaran fastival bahari pada akhir pekan ini, juga melibatkan pelaku usaha UMKM Kota Ternate.

"Sesuai tema HAJAT, berkaloborasi, kreatif dan inovatif menuju pemulihan ekonomi, maka sesuai arahan pak Wali Kota, panitia juga melibatkan pelaku usaha untuk memasarkan produk pada open ceremony," kata Nuryadin.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk datang dan menyaksikan lomba festival bahari yang rencananya dipusatkan di kawasan Landmark depan kantor Wali Kota Ternate.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT