Home / Advertorial / Ayo Ke Ternate

Dispar Ternate Keciprat DAK Rp, 2,3 M Dari Pempus

20 September 2021
Kadispar Kota Ternate, Dr H Rizal Marsaoly

TERNATE, OT - Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata, tahun depan akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp, 2,3 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan infrastruktur pariwisata di Kota Ternate.

Anggaran ini dikucurkan pemerintah pusat le Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kota Ternate Rizal Marsaoly menyatakan, alokasi DAK senilai Rp 2,3 miliar itu dikucurukan pemerintah pusat melalui Kementrian Pariwisata.

Dana ini diperuntukan bagi pembangunan sarana dan prasarana pariwisata pada sejumlah destinasi wisata di Ternate, misanya lokasi wisata Geopark Batu Angus, serta destinasi wisata lainya.

"Jadi selain dari DAK, tahun ini juga, ada rehabilitasi lokasi wisata di Tolire Kecil,yang saat ini belum tertata, nantinya kami tata kembali dengan stuktur yang rapi, tentunya dengan tetap memperhatikan nilai estetika," ungkap Rizal, Senin (20/9/2021).

Selain dukungan anggaran melalui Kementrian, lanjut dia, penataan destinasi wisata di Ternate juga terdapat dukungan peningkatan jalan untuk destinasi ekowisata taman laut.

Dimana, hal ini juga turut didorong oleh Komisi II DPRD Propinsi Maluku Utara dalam kunjungannya ke Kota Ternate beberapa waktu lalu.

"Khusus untuk dukungan peningkatan jalan khusus destinasi wisata taman laut ini,kemarin dalam pertemuan dengan teman-teman Komisi II DPRD Malut juga saya sampaikan untuk pembangunan jalan ini harus pavin blok," katanya.

Menurutnya, alasan pembuatan jalan di lokasi destinasi wisata dengan pavlin blok atau pengecoran dengan bahan baku semen ini, tentunya juga untuk menghindari adanya penambahan pemukiman baru di kemudian hari.

"Dan soal ini juga direspon positif komisi II DPRD Malut yang menjanjikan akan turut mendorong peningkatan jalan destinsi ekowisata taman laut maupun lokasi lainya," tutup Rizal.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT