Home / Advertorial / Ayo Ke Ternate
12 Oktober 2020

Dispar Ternate Gelar Pelatihan Hospitality Untuk Pelaku Usaha Pariwisata

TERNATE, OTDinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate, Senin (12/10/2020) menggelar pelatihan hospitality dengan tema cental "Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan Implentasi Program Clranlines, Healt and Safety (CHS) Untuk Adaptasi Kebiasaan Baru" di lantai 6 hotel Muara Ternate.

Kegiatan yang menghaditkan peserta dari para pelaku usaha pariwisata di Kota Ternate itu, menghadirkan tiga narasumber, masing-masing Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Ternate, Dr H Rizal Marsaoly, General Manager Sahid Bela Hotel, Harry Darmawan serta unsur akademisi, Betly  Taghulihi staf pengajar di Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata Unkhair Ternate.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Dr H Rizal Marsaoly usai kegiatan mengemukakan, pelatihan atau.sosialisasi ini, menyasar pelaku usaha yang bergerak di bidang kepariwisataan.

Kata dia, pelatihan ini sendiri dilaksanakan untuk mendukung para pelaku usaha jasa pariwisata dalam melayani para tamu yang berkunjung ke kota Ternate di masa pandemi covid-19.

"Kami hadirkan para pelaku usaha seperti pemilik restoran, tempat hiburan, usaha kuliner, jasa transportasi, para pengelola hotel dan biro perjalanan untuk mengikuti kegiatan ini," kata Rizal.

Kegiatan ini, lanjut Rizal sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengutamakan kebersihan, kesehatan dan keamanan bagi pelaku jasa pariwisata di Kota Ternate pada masa pandemi covid-19.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini untuk memperkuat wawasan para pelaku usaha pariwisata terkait dengan keramah tamahan dalam memberikan pelayanan, khususnya di masa pandemi, "karena kota ini mengandalkan sektor jasa sebagai unggulan, sehingga kedepan Ternate memiliki ketersediaan para pelaku usaha yang siap melayani dan profesional," ungkapnya.

Rizal menyatakan, dalam sosialisasi tersebut, terdapat tidak kurang dari 120 peserta pelatihan yang berasal dari para pelaku usaha sektor pariwisata. "Mereka diberikan materi-materi terkait bagaimana menjadi tuan rumah yang ramah dan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang datang ke Ternate," katanya. 

"Target kita adalah bagaimana memberikan pelayanan yang prima, sehat, bersih dan aman terhadap para wisatawan yang berkunjung ke Ternate di masa pandemi covid-19" terangnya.

Terkait pemateri dalam pelatihan ini, lanjutnya, selain dari unsur pemerintahan, pihaknya juga melibatkan sejumlah stakeholder terkait, "ada dari unsur profesional, kemudian akademisi serta pemerintah selaku regulator," tutupnya. (thy)


Reporter: Ibenk