Home / Advertorial / Ayo Ke Ternate
14 November 2020

Balai PSKL Maluku Papua Gelar Pelatihan Kewirausahaan KPS di Pulau Hiri

Kadis Pariwisata Kota Ternate, Dr H Rizal Marsaoly

TERNATE, OT - Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Maluku Papua bekerja sama dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate bersama Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara, Sabtu (14/11/2020) menggelar Pelatihan Kewirausahaan Kelompok Perhutanan Sosial, Lembaga Pengelolaan Hutan Desa (LPHD) Buku Manyeku di Kelurahan Dorari Isa Kecamatan Hiri, Kota Ternate.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Ternate, Dr H Rizal Marsaoly dalam keterangannya mengatakan, kegiatan ini, dilaksanakan oleh Balai PSKL Maluku Papua yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Ternate dan Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara.

Menurutnya, pemilihan lokasi di Kelurahan Dorari Isa disebabkan potensi pulau Hiri sebagai tujuan wisata yang memiliki ekosistim alam sangat besar.

Untuk mengeksploitasi potensi wisata berbasis lingkungan, kata Rizal,.Balai PSKL bersama Dispar dan Dinas Kehutanan Provinsi Malut juga melibatkan komumitas sehingga pengembangan ekowisata pulau Hiri lebih terarah dan berkembang.

"Pengembangan ekowisata pulau Hiri, dikemas berbasis komunitas atau Community Based Tourism" papar Rizal.

Dia mengatakan, mengelola perhutanan sosial bisa untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Salah satunya memanfaatkan Hutan Kemasyarakatan (HKm) menjadi tujuan wisata.

Menurutnya, kegiatan ini, merupakan program Balai PSKL Wilayah Maluku Papua yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Ternate serta Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Kelompok Perhutanan Sosial, Lembaga Pengelolaan Hutan Desa (LPHD) Buku Manyeku di Kelurahan Dorari Isa Melalui Bisnis Ekowisata dan Jasa Lingkungan di Kelurahan Dorari Isa pulau Hiri, juga melibatkan sejumlah komumitas di Ternate.

Pelatihan ini melibatkan LPHD Buku Manyeku Kelurahan Dorari Isa sebagai peserta dengan harapan lembaga ini.menjadi motor penggerak pengembangan ekowisata pulau Hiri.berbasis komunitas. (ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella