Home / Berita / Nasional
23 April 2019

Jelang Ramadhan, Harga Bawang Di Ternate Mulai Naik

TERNATE, OT - Jelang bulan suci Ramadhan 1440 H/2019 M, sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kota Ternatr, mengalami kenaikan.

Kenaikan harga sejumlah komuditas diduga terjadi karena pendistribusian komuditas yang dipasok dari luar Kota Ternate, mengalami hambatan, akibat cuaca buruk dan keterbatasan stok atau persediaan.

Berdasarkan hasil pantauan indotimur.com, di pasar Higenis Gamalama Ternate, harga bawang merah yang sebelumnnya dijual.Rp 45,000 per kg, saat ini naik menjadi Rp 50.000 per kg.

Sedangkan bawang putih yang sebelumnnya dijual dengan harga Rp 35,000 hingga Rp 45,000 saat ini naik menjadi Rp 60.000 per kg. "Kenaikan tersebut terjadi sejak seminggu lalu, karena kedua komoditi ini, kita datangkan dari luar Maluku Utara, namun untuk kedua kebutuhan ini akan kita telusuri, agar tidak ada gejolak menjelang Ramadan hingga Lebaran nantinya," kata Ketua Asosiasi Bahan Pokok Kota Ternate, Nuraidi.

Meski.demikian, dia memastikan untuk komuditas lainnya, tidak mengalami kenaikan, bahkan komudias cabai mengalami penurunan harga.

"Untuk cabai keriting, sebelumnya dijual.dengan harga Rp 35,000 per kg, turun menjadi Rp 25,000 per kg, sementara cabai rawit, sebelumnya dijual dengan harga Rp 60.000 hingga Rp 70.000,- saat ini turun menjadi Rp 25,000 hingga Rp 30.000 per kg," jelas Nuraidi.

Dia menambahkan, komuditas lainnya, seperti tomat yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 15.000 per kg, saat ini, turun menjadi Rp 4,000 hingga Rp 5,000,-

Nuraidi mengklaim, selain bawang merah dan bawang putih, ketersediaan kebutuhan pangan secara umum, tetap.terjaga dan belumengalami kenaikan harga. "Kenaikan yang terjadi karena semua stok kita berharap dari luar," cetusnya.

Sementara itu, untuk.menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan memantau harga komoditas pangan jelang Ramadhan, Kementerian Perdagangan RI, melalui Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, mengunjungi sejumlah sentra ekonomi.di Kota Ternate. 

Selain di pasar higenis Bahari Baekesan, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan (Kemendag), Khasan Muhri didampingi Kadis Perindag Provinsi Malut dan Kadis Perindag Kota Ternate itu, juga mengunjungi, pasar rakyat dan pasar percontohan.

Selain pada sentra ekonomi, utusan Kemendag itu juga mengunjungi Perum Bulog Ternate, gudang distributor Firma Agung, ritel modern Haypermart serta Pelabuhan Ahmad Yani Ternate. (thy)


Reporter: Ibenk