Home / Indomalut / Ternate

Ini Yang Ditemukan BKPSDM Saat Gelar Sidak

30 Juni 2022
Sidak di kantor Disnaker Kota Ternate

TERNATE, OT - Untuk memastikan tingkat kedisiplinan ASN di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Kepala BKPSDMD, Samin Marsaoly didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan, Faizal Karim, Kamis (30/6/2022) melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada sejumlah OPD dan kantor Camat.

Sidak dimulai pada pukul 08:00 WIT di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Kota Ternate.

Di kantor Disnaker, sebagian besar pejabat sedang melakukan tugas luar daerah sementara para staf hampir 70 persen sudah hadir da memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

.

Usai menyambangi Dinaker, Kepala BKPSDMD langsung bergerak ke kantor Camat Ternate Tengah.

Saat tiba di kantor yang terletak di lingkungan Tabahawa Kelurahan Salahuddin itu, Samin hanya menemukan satu orang Pegawai Tidak Tetap (PTT) sementara para pejabat struktural dan fungsional serta staf belum berkantor, padahal saat tiba di kantor Camat, waktu telah menunjukan pukul 08:30 WIT.

.

Mendapati kondisi kantor seperti itu, Kepala BKPsDMD langsung memblokir aplikasi e-kinerja milik PNS kantor Camat sebagai sanksi atas ketidakdisiplinan para PNS di lingkup kantor Camat Ternate Tengah.

Selain itu, seluruh ASN dan PTT di kantor Camat juga diwajibkan ikut apel pada hari Senin (4/7/2022) awal pekan depan.

Usai menggelar sidak di kantor Camat, Kepala BKPsDMD bersama Kabid Pengembangan Penilaian Kinerja Aparatur langsung menuju kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk memastikan pelayanan di kantor tersebut berlangsung.

Selain memastikan kehadiran ASN dan PTT, Samin juga meminta Subag Kepegawaian dan Keuangan untuk memperhatikan kesejahteraan atau honor tenaga PTT serta kondisi kantor.

Dalam sidak tersebut, Samin juga memberikan motivasi kepada sejumlah ASN maupun PTT yang melakukan tugas-tugas front office atau yang berhadapan langsung dengan masyarakat untuk memberikan pelayanan yang prima.

.

Kepada indotimur.com Kepala BKPsDMD Kota Ternate, Samin Marsaoly menyatakan, sidak yang dilakukan BKPSDMD Kota Ternate merupakan tindak lanjut arahan Wali Kota untuk meningkatkan disiplin jajaran ASN Pemkot Ternate.

Samin mengaku, masih ada ASN di lingkup Pemkot Ternate yang belum disiplin, "misalnya di Kecamaten Ternate Tengah, sampai jam 08:50, itu hanya ada 12 ASN dan PTT padahal jumlah keseluruhan hampir 50 orang, ini harus menjadi perhatian serius, apalagi kantor Camat merupakan instansi yang melakukan pelayanan langsung terhadap masyarakat," kata Samin.

Dia berharap, Camat dan jajarannya lebih disiplin agar pelayanan yang diberikan lebih optimal dan prima, "ini harus menjadi perhatian serius," katanya.

Samin memastikan hasil sidak hari ini akan disampaikan ke Wali Kota untuk ditindak lanjuti, "nanti hasil sidak termasuk absen yang sudah kita ambil tadi akan dilaporkan ke Wali Kota selaku PPK," ujarnya.

Samin juga memastikan, sidak ini akan dilakukan secara berkala pada OPD-OPD di lingkup Pemkot Ternate, utamanya OPD yang melakukan pelayanan dasar atau pelayanan langsung.

"Tentu ini adalah upaya untuk meningkatkan kinerja sekaligus evaluasi terhadap ASN baik pejabat maupun staf," tukasnya.

Usai melakukan sidak di Disperindag, Kepala BKPsDMD langsung mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ternate untuk meiohat secara langsung pelayanan di rumah sakit milik Pemkot Ternate itu.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT