07 Agustus 2020

Nanga Mahap Jadi Kampung Online Pertama di Kalbar

KALBAR, OT - Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Kalbar, menjadi kampung online pertama di Kalimantan Barat. Internet desa kampung online dilaunching oleh Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Jumat (7/8/2020).  

Program ini merupakan inovasi pemerintah Kecamatan Nanga Mahap. Sehingga, warga bisa memanfaatkan kampung online tersebut, salah satunya untuk belajar daring. 

"Dulu di kampung cari sinyal naik bukit. Sekarang mudah-mudahan dengan adanya kampung online ini bisa berjalan dengan baik. Bukan hanya untuk gaya-gayaan tapi juga dimanfatkan untuk laporan, belajar online dan sebagainya," kata Aloysius, Jumat (7/8/2020).  

Aloysius mengatakan, pihak kecamatan patut berbangga karena masih bisa melakasnakan pembangunan sarana dan prasarana untuk kepentingan masyarakat di tengah pandemi COVID-19.  

"Kita patut berbangga, karena kampung online ini merupakan yang pertama di Kalimantan Barat. Terobosan ini juga mengacu pada visi dan misi kepala daerah untuk mewujudkan Kabupaten Sekadau yang sejahtera, adil dan berinovasi. Inovasi inilah yang sudah kita lakukan," ungkap Aloysius. 

Sementara itu, Camat Nanga Mahap, Acung Yulius mengatakan, wilayah yang dipimpinnya tersebut memang jauh dari transportasi an sulitnya akses jaringan internet. Untuk itu, kata dia, pihaknya bersama seluruh desa berupaya membangun kampung online di Kecamatan Nanga Mahap. 

"Pengadaan internet desa ini menggunakan ADD yang diharapkan bisa bermanfaat bagi pengurus desa dan masyarakat. Ini salah satu kebanggaan kita semua karena menjadi kampung online pertama di Kalbar," tuturnya. (red)


Reporter: Yahya