10 Juni 2019

Bupati Sekadau: Nilai Pancasila Harus Diamalkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Foto : Upacara peringatan hari kelahiran pancasila yang jatuh pada 1 Juni di Halaman Kantor Bupati Sekadau

SEKADAU, OT - Pemkab Sekadau menggelar upacara peringatan hari kelahiran pancasila yang jatuh pada 1 Juni di Halaman Kantor Bupati Sekadau. Momentum tersebut menjadi refleksi agar nilai-nilai pancasila dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati Sekadau, Rupinus menuturkan, pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan anugerah tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Menurutnya, eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan,” ujar Rupinus yang membacakan sambutan Kepala BPIP RI.

Ia mengatakan, pengamalan nilai-nilai pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

“Berkat pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika,” ucapnya.

Menurutnya, yang diperlukan saat ini adalah bagaimana mengamalkan dan mengamankan pancasilan secara simultan dan terus menerus. Ia berharap, momentum peringatan hari lahir pancasila untuk menyonsong kehidupan berbangsa dna bernegara yang lebih baik.

“Pancasila sebagai leitstars dinamis, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan. Sebagai energi positif bangsa, pancasla terus memberikan harapan untuk masa depan khususnya merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia,” tuturnya.

Rupinus juga mengajak semua pihak untuk terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan,” pungkasnya.

Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Sekadau, Kajari Sekadau, Dandim 1204/Sanggau, Waka Polres Sekadau, Sekda Kabupaten Sekadau. Turut hadir Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD dan ASN, unsur TNI dan Polri serta honorer dilingkungan Pemkab Sekadau.(red)


Reporter: Yahya