11 Juli 2020

Amankan Pilkada di Dua Daerah, Polres Sula Didanai Rp. 7,5 Miliar

AKBP Muhammad Irvan (foto_randy)

TERNATE,  OT - Untuk mengamankan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu (Pultab), Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), menganggarkan dana sebesar, Rp, 12 miliar, namun hanya Rp, 7,5 miliar yang disetujui.

Kapolres Kepsul AKBP Muhammad Irvan mengatakan, dalam pengamanan pelaksanaan Pilkada akhir tahun ini, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan dari sisi pengamanan.

Pada wilayah hukum Polres Sula, ada dua daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah yakni Kapsul dan Pultab, sehingga kesiapan mulai dari pengamanan dan jumlah anggaran sudah dilakukan pembahasan sejak awal.

“Untuk Kabupaten Kepsul kami ajukan itu sebesar Rp, 7 miliar, tetapi hanya disetujui Rp, 4 miliar,” ujar Irvan kepada indotimur.com saat ditemui di Mapolres Ternate.

Sedangkan untuk pengamanan Pilkada Pulau Taliabu, Kapolres menyatakan, dianggarkan sebesar Rp, 3,5 miliar, "untuk Pilkada Pulau Taliabu, kita ajukan Rp. 5 miliar, tapi di acc hanya Rp. 3,5 miliar," kata Kapolres seraya menyebut, untuk anggaran pengamanan Pilkada pada dua daerah itu sudah fix dengan total anggaran Rp, 7,5 miliar.

Sejauh ini, lanjut Kapolres, pihaknya intens melakukan koordinasi.dengan pihak penyelenggara terkait hal-hal tekhnis pengamanan, termasuk pengamanan pada Tempat Pemungkutan Suara (TPS)

"Kami Polres Sula akan menyiapkan personil ful 2/3 kekuatan dan itu akan dibackup Bantuan Kendali Operasi (BKO) juga dari Polda Malut," pungkasnya.(ran)


Reporter: Randy Basri