26 Juni 2019

Halsel Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Propov III Tahun 2019

Sekda Halsel : Kami Siap Menjadi Tuan Rumah

Sekertaris Daerah Halmahera Selatan (Helmi Surya Batutihe)

TERNATE ,OT - Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) III tahun 2019. Penetapan Kabupaten Halsel.sebagai vanue berbagai cabor itu, dalam rangka menuju Pra PON 2020 di Papua.

Sekertaris Daerah (Sekda) Halsel, Helmi Surya Batutihe, kepada sejumlah wartawan, termasuk indotimur.com,  mengatakan, sejak tahun 2018, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan termasuk menyiapkan vanue 15 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam even Porprov tahun ini.

"Pada Porprov III di Halsel, salah satunya yang kita persiapkan adalah pembangunan stadion baru gelora olahraga dan pembangunan ini sudah mencapai 50 persen," klaim Sekda.

Selain itu, lanjut Sekda, fasilitas-fasilitas lain, seperti hotel dan penginapan juga sudah siap, "in sya Allah, Halmahera Selatan siap untuk menampung seluruh peserta atlet dan official yang berjumlah kurang lebih 2000, saya rasa untuk akses ke Halmahera Selatan semakin hari makin mudah untuk dijangkau baik ,transportasi darat, udara dan laut" tambahnya.

Pada prinsipnya, Halsel, sambung Sekda, siap untuk menyambut duta-duta olahraga Maluku Utara yang berkompetisi di kabupaten Halmahera Selatan akhir tahun ini. "Target secara keseluruhan penyelesaian ini paling tidak di bulan Oktober itu sudah selesai dan untuk persiapan anggaran di samping untuk pembangunan venue, itu menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten Halsel," klam Sekda seraya menyebut, Pemkab Halsel menganggarkan dana sebesar Rp, 3 miliyar untuk.mensupport ajang olahraga ini.

Orang nomor tiga di jajaran Pemkab Halsel itu berharap, seluruh Kabupaten dan Kota di Malut, ikut ambil bagian dalam ajang ini, "saya kira harapan untuk kita sebagai tuan rumah semua Kabupaten/Kota bisa hadir ,karena olahraga ini untuk mempersatukan, mendamaikan seluruh masyarakat melalui event tersebut," harapnya.

"Untuk itu, pelaksanaan Porprov ini adalah satu event olahraga prestasi, tentunya yang diharapkan adalah prestasi atlet-atlet kita di Maluku Utara dan khususnya di Halmahera Selatan ini semakin meningkat dari waktu ke waktu, jadi tentunya mereka dapat meningkatkan prestasi dari Porprov tahun-tahun lalu ,agar atlet-atlet bisa ikut serta dan bertanding pada PON 2020 di Papua nanti," tutup Sekda. (MG_03)


Reporter: Gunawan Ibrahim Radja