Home / Nusantara

Peringati Hari Bakti PUPR Ke- 76, BWS Malut Tanam 5 Ribu Pohon

01 Desember 2021
Kepala BWS Malut saat menanam pohon

TIDORE, OT- Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ke-76 tahun, Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku Utara (Malut) melakukan penanaman pohon yang dipusatkan di Monumen Merah Putih, Kelurahan Mareku, Kota Tidore Kepulauan (Tikep).

Kepala BWS Malut Kalpin Nur kepada media ini, Rabu (1/12/2021) mengatakan, untuk memperingati Hari Bakti PUPR ke-76, maka BWS Malut lakukan penanaman pohon.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan menanam pohon knj terkait dengan masalah air untuk Kota Tidore dan beberapa wilayah di sekitarnya yang ketersediaan air bakunya tidak ada di permukaan, yang ada hanyalah air tanah.

"Maka dari itu, BWS Malut berupaya agar air tanah ini bisa di observasi sehingga ketersediaan air tawar akan ada, kalau ini tidak dilakukan maka ketersediaan air akan susah, sehingga dengan cara ini sebagai syarat untuk mempertahankan gas pada tanah itu sendiri," ungkapnya.

Kalpin menambah, penanaman pohon ini direncanakan sebanyak Lima ribu pohon yang akan disebar di beberapa lokasi daerah infastruktur yang membutuhkan.

Selain itu, jenis pohon yang ditanam nantinya yaitu pohon yang bermanfaat dan nanti juga disesuaikan dengan situasi serta kondisi yang ada.

Hadir pada kegiatan penanaman pohon ini diantaranya Wali Kota Tidore yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muhammad Syarif, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Abdul Muis A. Husain dan Sekertaris Kecamatan Tidore Utara.(mg_mahasiswa)


Reporter: Magang
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT