05 November 2019

Pembangunan Bandara Wasior Dimulai Tahun 2021

Bernadus H Setiawan

WASIOR, OT- untuk meningkatkan jalur transportasi udara yang menunjang di kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat, pemerintah pusat memberi dukungan penuh rencana pembangunan bandara baru di kabupaten tersebut.

Seperti yang sudah diketahui, bandara Wasior yang memiliki panjang landasan pacu 600 × 18 meter itu sudah tidak dapat dikembangkan lagi karena keterbatasan lahan dan letak bandara berada di tengah pemukiman, sedangkan antusias masyarakat terhadap transportasi di Teluk Wondama sangat tinggi, hal itu dapat dilihat dari penerbangan perintis Susi Air yang menerbangi rute Manokwari - wasior seminggu tiga kali selalu penuh bahkan hingga waiting list.

Kepala  Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Wondama, Bernadus H Setiawan mengatakan, pembangunan bandara Wasior masih dalam tahap proses terkait pembebasan lahan antara pemerintah daerah dan masyarakat.

"Sesuai UU nomor 2 tahun 2012 tentang tanah, kemudian dilanjutkan dengan peraturan pemerintah nomor 70 tentang pengadaan tanah bagi kepentingan umum yang masih dalam proses di provinsi papua barat, dan dalam waktu dekat ini akan di lelang upriser, " tuturnya, saat disambangi di ruang kerja, Selasa (5/11/2019).

Dengan hadirnya bandara baru di Teluk Wondama, tentu menumbuhkan harapan baru bagi masyarakat dan pemda setempat untuk bisa lebih maju lagi karena akses menuju teluk Wondama akan menjadi kian mudah.

"Dampak positif kehadiran bandara baru di kabupaten teluk Wondama ini tidak hanya di rasakan oleh masyarakat setempat saja. Tetapi dengan adanya transportasi udara juga dapat menarik perhatian wisata domestic maupun mancanegara untuk berkunjung ke teluk Wondama, sehingga perekonomian daerah akan tumbuh," ungkap bernadus.

Terkait pembebasan dan pengadaan lahan, prosesnya berdasarkan perpres 71 tahun 2012. Masyarakat Kabupaten teluk Wondama membutuhkan bandara yang layak dan representative. Sehingga masalah transportasi di daerah ini pun bisa teratasi. karena pembangunan bandara wasior sudah masuk di RPJNN kemenhub sehingga tahun 2021 sampai 2024 sudah siap pembangunan bandara wasior

"Meski ada sengketa sedikit mengenai hak sulung untuk pelepasan adat  yang masih dalam proses penyelesaian, dan diharapkan semoga sengketa tersebut bisa di atasi bersama, sehingga pembangunan bandara wasior di tahun 2021 segera di bangun sehingga apa yang di harapkan bisa terwujud," harapnya.(red)


Reporter: Reoten Musa