Home / Nusantara

Mulai Bulan Depan, ASDP Ternate Terapkan Pembelian Tiket Pakai Kartu Elektronik

18 September 2021
Zainal Abidin (foto_randi)

TERNATE, OT - Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) cabang Ternate, Maluku Utara (Malut), mulai bulan Oktober 2021 menerapkan sistem pembelian tiket menggunakan kartu elektronik yang akan dipasang di pelabuhan ferry Bastiong.

Meneger Operasionali ASDP Indonesia Ferry Ternate, Zainal Abidin mengatakan, ASDP Ternate bakal berlakukan kartu elektronik untuk membeli tiket ferry di pelabuhan.

Kata dia, sekarang sudah mencapai 80 persen penyusunan sistemnya yang dikerjakan oleh tim IT, jika sudah selesai maka secepatnya akan dipasang di portal jalur masuk pelabuhan ferry Bastiong.

Menurut Zainal, jika sudah dipasang alatnya maka para calon penumpang tidak lagi membeli tiket dengan uang tunai ke petugas di loket penjualan tiket, namun dengan pemasangan alat ini pembelian tiket sudah secara otomatis.

"Nanti calon penumpang hanya perlu scan code ke mesin yang dipasang, maka secara otomatis tiketnya dicetak dan diberikan ke calon penumpang," ungkap Zainal, Sabtu (18/9/2021).

Dia menjelaskan, sistem ini menggunakan kartu sehingga pihaknya akan menjual kartunya seharga Rp 20.000, yang nantinya masyarakat bisa mendapatkan atau membeli kartu tersebut dibeberapa bank yang akan dikerjasamakan atau di kantor ASDP.

"Nanti kartu tersebut bisa diisikan saldo sehingga pada saat scan, maka sistem pembayaran sudah secara online. Jika saldo di kartu habis bisa diisikan kembali di bank yang ada," katanya.

Untuk menerapkan sistem ini, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mereka mengetahui pemberlakuan kartu elektronik untuk pembelian tiket di pelabuhan ferry Bastiong.

Dia berharap dengan adanya sistem pembayaran secara elektronik ini bisa menekan angka antrian di loket penjualan tiket.

"Adanya sistem ini, penumpang yang mau berangkat sudah tidak lagi mengantri beli tiket, hanya memerlukan waktu singkat langsung tiker dicetak secara otomatis oleh mesin," pungkasnya.(ran)


Reporter: Randy Basri
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT