Home / Nusantara

BPBD Kota Ternate, Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrim

18 Februari 2021
Kepala BPBD Kota Ternate, M Arif Gani 

TERNATE, OT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, menghimbau warga di Ternate untuk mewaspadai perubahan cuaca yang terjadi dalam dua hari terakhir.

Selain angin kencang, BPBD juga meminta warga yang mendiami bantaran kali mati, untuk berikhtiar jika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Berita Terkait : Cuaca Buruk, KSOP Ternate Tunda Seluruh Aktifitas Pelayaran

Baca Juga : Cuaca Buruk, Pohon di Depan Pasar Higenis Tumbang

Kepala BPBD Kota Ternate, M Arif Gani saat diwawancarai indotimur.com, menyatakan, sesuai prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG Stasiun Baabullah Ternate, selain tinggi gelombang dan angin kencang, warga juga dihimbau mewaspadai intensitas curah hujan di wilayah Ternate dan sekitarnya.

Dia menghimbau agar warga yang mendiami bantaran kali mati untuk terus meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan, "kita himbau kepada warga di sekitar barangka (kali mati-red) untuk selalu waspada jika terjadi hujan lebat dengan durasi yang lama," kata Arif, Kamis (18/2/2021) melalui telepon selularnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Arif berpesan untuk selalu membangun koordinasi dengan aparatur pemerintah di tingkat lingkungan, Kelurahan hingga Kecamatan, "jika terjadi sesuatu, segera berkoordinasi dengan RT/RW, aparatur Kelurahan, Kecamatan atau Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas setempat," ujar Arif.

Sejauh ini, lanjut Arif, BPBD terus melakukan monitoring pada sejumlah kawasan-kawasan rawan bencana, baik banjir maupun longsor, "kita rutin melakukan monitoring, ada tim yang selalu stay untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT