Home / Nusantara

Begini Kondisi Cuaca di Maluku Utara Sepekan Kedepan

BPBD Minta Warga Ternate Berikhtiar Terhadap Kondisi Cuaca
11 Mei 2022
Prospek cuaca Provinsi Maluku Utara (Malut) untuk sepekan kedepan, tanggal 10 sampai 15 Mei 2022

TERNATE, OT - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Baabullah Ternate merilis prospek cuaca Provinsi Maluku Utara (Malut) untuk sepekan kedepan, tanggal 10 sampai 15 Mei 2022.

Dalam suratnya, BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Baabullah Ternate menyebutkan, kondisi atmosfer secara umum yang terpantau adanya "sirkulasi" di Tenggara Maluku yang berdampak terbentuk pola konvergen dan belokan massa udara pada umumnya di wilayah Maluku Utara.

Menurut BMKG, udara basah terkonsentrasi di atas wilayah Maluku Utara di lapisan 850 hingga 500 Mb yang berpeluang mendukung pertumbuhan awan hingga lapisan tersebut.

Arah angin di dominasi dari arah Utara - Barat Laut dengan Kecepatan 05 - 20 Knots. Suhu udara berkisar 23,0 ?C - 32,0?C dengan kelembaban udara relatif (RH) antara 70 - 100%.

Potensi Lokal secara umum untuk wilayah Maluku Utara sepekan ke depan berpeluang terjadi pertumbuhan awan CB pada pagi, siang dan sore hari.

Secara umum, tulis BMKG, kondisi cuaca di wilayah Maluku Utara sepekan kedepan adalah cerah berawan - hujan sedang dengan potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada siang/sore dan malam hari di wilayah, Ternate, Tidore, Sofifi, Halteng dan Halbar pada tanggal 10-13 Mei 2022.

Sedangka informasi tinggi gelombang signifikan mencapai 2,0 hingga 3,0 metet berpotensi terjadi di perairan Morotai, perairan Barat Halmahera perairan timur, laut halmahera dan samudera pasifik utara Halmahera pada tanggal 10-11.

Kondisi ini disebabkan adanya peningkatan kecepatan angin hingga 60 km/jam pada siang, malam dan dinihari.

BACA JUGA : BPBD Minta Masyarakat Waspadai Hujan Lebat di Ternate

Plt Kepala BPBD Kota Ternate, Ihsan Hamzah meminta masyarakat di Kota Ternate utamanya yang mendiami bantaran kali mati untuk selalu meningkatkan kewaspadaan apabila terjadi hujan lebat.

Dia juga menghimbau para nelayan dan pelaku perjalanan laut untuk selalu mencermati kondisi cuaca di Ternate, "kami menghimbau kepada para nelayan dan pelaku perjalanan laut untuk berhari-hati dan selalu beriktiar mencermati cuaca di perairan Maluku Utara," pesan Ihsan.

"Warga Ternate yang mendiami wilayah-wilayah rawan bencana untuk segera menghubungi aparatur pemerintah di Kecamatan maupun Kelurahan jika melihat atau mendengar potensi-potensi bencana di sekitar wilayahnya," imbau Ihsan seraya menyebut tim BPBD Kota Ternate telah disiagakan pada sejumlah wilayah yang dianggap rawan bencana.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT