Home / Berita / Nasional
12 Mei 2020

Satu PDP Covid-19 Asal Ternate Meninggal di RSUD CB

Suasana persiapan jenazah untuk dimakamkan dengan protokol Covid-19

TEERNATE, OT - Satu pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) meninggal dunia di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoirie Ternate, Selasa (12/5/2020) sekitar pukul 19.45 WIT.

Pasien berinisial AH (59) jenis kelamin perempuan ini adalah warga Kecamatan Ternate Tengah, yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit Tentara (RST) Ternate. 

Informasi yang diperoleh di lapangan, Gugus Tugas (Gustus) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Malut langsung berkoordinasi dengan Gustu Kota Ternate untuk proses pemakaman malam ini. Sementara amatan wartawan di ruang isolasi RSUD Chasan Boesoirie Ternate, petugas sudah mempersiapkan jenazah almarhum di ruang pemulasaran jenazah untuk dimakamkan, namun masih berkoordinasi dengan Gustu Kota terkait lahan pemakaman.

Jubir Gustu Provinsi Maluku Utara dihubungi melalui telepon belum merespon respon.  Sementara Kordinator Divisi Humas Gustu Malut, Mulyadi Tutupoho ketika dikonfirmasi mengatakan, akan dilakukan kros cek lebih dulu. “Dicek dulu infonya,” kata Mulyadi melalui pesan WhasApp.

Sementara berdasarkan data yang diliris Gustu Covid-19 Provinsi Maluku Utara menyebutkan, pada saat ini yang sementara dirawat di RSUD Chasan Boesorie sebanyak 25 orang  dengan rincian, 12 kasus positif covid-19 (termasuk 1 konfirmasi demak), 10 orang PDP dan 3 orang ODP.

Sementara yang menjalankan karantina di Sahid Hotel sebanyak 61 orang dengan rincian 23 pasien terkonfirmasi positif, 21 OTG, 6 ODP, 2 PDP serta 9 orang pelaku perjalanan. 

Sedangkan jumlah OTG pada hari ini ada penambahan sebanyak 9 orang secara keseluruhan dikarenakan adanya tracking terhadap pasien positif terutama di Kabupaten Kepulauan Sula, namun ada juga pengurangan di Kabupaten Halmahera Barat dan Halmahera Selatan karena telah selesai masa pemantauan selama 14 hari.

“Untuk kasus orang dalam pemantauan (ODP) ada penurunan secara keseluruhan sebanyak 5 orang karena selesai pemantuan, dan hanya di Kabupaten Kepulauan Sula ada tambahan sebayak 6 orang,” kata Jubir Gugus Tugas Covid-19 Malut, dr Alwia Assagaf dalam rilisnya.

Sementara untuk kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pada hari ini ada peningkatan sebanyak 6 orang dari Kota Ternate 5 orang (dirawat di RSUD Chasan Bosorie), dan 1 berada di Kepulauan Sula sedang menjalani perawatan (dirawat mandiri di rumah). 

Hingga berita ini dipublish, Gustu Kota Ternate masih kesulitan mencari mencari lahan pekuburan untuk pemakan jenazah.(glenipi)


Reporter: Zulkifli A. Yusuf