Home / Berita / Nasional
20 Mei 2020

Satu Kasus Positif Covid-19 di Halbar Adalah Transmisi Lokal

Chuzaemah Djauhar

HALBAR, OT- Penambahan satu kasus terkonfirmasi positif Corona Virus (Covid-19), Rabu (20/5/2020) di kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) adalah transmisi lokal.

Hal ini disampaikan Juru bicara Gugus Rugas Percepatan Penanganan Covid-19 Halbar, Chuzaemah Djauhar, Rabu (20/5/2020). Menurutnya dengan penambahan satu kasus maka total kasus terkonfirmasi positif di Halbar menjadi empat.

"Pasien positif yang tambahan satu tadi, tidak ada riwayat perjalanan, namun saat masuk rumah sakit dengan keluhan demam, batuk, sesak napas. Selain itu, hasil rapid tes reaktif dan hasil rontgen kesan pneumonia bilateral," kata Chuzaemah Djauhar.

Setelah diagnosa oleh dokter, lanjut Chuzaema, adanya pneumonia dan hipertensi maka tim langsung melakukan penanganan dengan isolasi pasien di ruang khusus dalam RSUD Jailolo.

"Saat dilakukan pengambilan Swab hasil laboratorium dinyatakan positif COVID-19," ujar Chuzaema yang juga Kadis Kominfo Pemkab Halbar.

Sementara Direktur RSUD Jailolo, Syafrullah Radjilun mengaku, pasien berinsial SM usia 59 tahun itu masuk di RSUD Jailolo pada 16 Mei 2020 sekitar pukul 10.30 Wit  dengan keluhan panas, batuk dan sesak napas.

"Pasien tidak ada riwayat perjalanan, tapi punya riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19," ujar Direktur.

Selain itu, kata Syafrullah, hasil pemeriksaan di Ruma Sakit menunjukan adanya infeksi paru-paru dan hasil rapid dinyatakan reaktif, sehingga dilakukan pengambilan swab test di RSUD Jailolo pada 16 hingga 17 Mei 2020, kemudian spesimen dikirim ke RSUD Chasan Boesoirie Ternate dan hasilnya dinyatakan terkofirmasi positif Covid-19.(deko)


Reporter: Hasarudin Harun