Home / Berita / Nasional
25 Maret 2020

Puluhan Perawat di Kota Ternate Masuk ODP Covid-19

dr. Rosita Alkatiri

TERNATE, OT- Gugus Tugas Penanganan Corona Virus (Covid-19) Provinsi Maluku Utara (Malut), menetapkan statsu puluhan perawat dan warga lainnya yang melakukan kontak langsung dengan pasien 01 positif Corona Virus (Covid-19), masuk Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Malut, dr Rosita Alkatiri dalam keterangan persnya menyampaikan, kontak yang dilakukan oleh teman-teman di lapangan sudah ditindak lanjuti oleh Dinkes Kota Ternate dan Dinkes Provinsi berupa pelacakan.

“Dari data yang kami terima bahwa orang yang melakukan kontak erat dengan pasien positf adalah 2 orang  keluarganya yang statusnya PDP serta telah dirawat. Selain itu, ada penambahan 39 orang lainnya,” jelas dr Rosita yang juga Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Malut.

Rosita mengaku, data itu akan terus diupdate dan apabila terjadi peningkatan akan dipantau. Yang jelas orang-orang ini masuk dalam ODP dan dipantau setiap hari selama 14 hari. Apabila ada timbul gejala maka akan segera diisiolasi, tapi sekarang semuanya diisolasi mandiri di rumah.

“Kami masih akan melakukan tracking, sehingga ada beberapa hari kedepan dapat mencari dan melacak apabila masih ada orang-orang yang kontak langsung bisa dipantau,” ujar dr Rosita.

Rosita menambahkan, bagi teman-teman medis yang kontak erat dengan pasien 01 sudah masuk dalam ODP dan masih dipantau.

“Ada beberapa yang mengalami gejala tapi tidak sampai ke demam, karena mungkin mereka juga kelelahan sehingga masih masuk dalam ODP belum kita tingkatkan ke PDP,” jelasnya.(red)


Reporter: Fauzan Azzam