Home / Berita / Nasional
01 Juni 2020

7 Warga Kota Ternate Kembali Positif Corona, Jumlah Kasus di Malut Jadi 160

Ilustrasi

TERNATE, OT- Jumlah kasus terkonfirmasi positif Corona Virus (Covid-19) di Provinsi Maluku Utara (Malut), hingga Senin (1/6/2020) hari ini bertambah 7 orang dari Kota Ternate, maka total kasus di Malut menjadi 160.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 malut, dr Alwia Assagaf dalam rilisnya menyampaikan, hari ini pihaknya kembali menerima hasil pemeriksaan melalui Tes Cepat Molekuler (TCM) RSUD Chasan Boesoirie sebanyak 12 spesimen (11 orang), jumlah itu untuk diagnosa baru 10 orang dan 1 orang follow up. 

Hasil pemeriksaan, terkonfirmasi positif sebanyak 7 orang semuanya berasal dari Kota Ternate. “Maka jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di provinsi Malut sampai hari ini menjadi 160 orang. Selanjutnya kasus baru ini kami sebut sebagai kasus 154 sampai dengan kasus 160,” jelas Alwia. 

Sementara untuk jumlah Orang Tanpa Gejala sampai hari ini 816 orang. Jumlah ini ada penurunan sebanyak 24 orang di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Halmahera Utara (Halut) dan Kota Ternate, hal ini karena selesai pemantauan. Namaun ada juga penambahan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dan Haltim. 

Selain itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 68 orang . terjadi penurunan sebanyak 4 orang secara total di Kabupaten Kepulauan Sula karena telah selesai masa pemantauan. Namun ada penambahan di Kota Ternate. 

“Untuk kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pada hari ini ada penambahan sebanyak 2 orang di Kota Ternate, namun ada juga pengurangan di Kota Tidore karena terkonfirmasi positif,” pungkasnya.

Alwia mengimbau, masyarakat tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19 diantaranya tetap menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan air dan sabun, keluar rumah hanya untuk keperluan penting, tetap menggunakan masker, tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta berolahraga ringan di rumah dan hindari kerumunan.(glenipi)


Reporter: Zulkifli A. Yusuf