Home / Indomalut / Morotai
23 Maret 2019

Horee, Akhirnya Warga Kolorai Morotai Nikmati Listrik

warga bersama PLN membawa mesin untuk dipasang.

MOROTAI, OT - Sebagai salah satu bentuk dukungan dalam pembangunan dan pengembangan kawasan wisata nasional, khususnya di Pulau Terluar, PLN menghadirkan listrik bagi warga di Pulau Kolorai, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Listrik di Pulau Kolorai ini menerangi 102 pelanggan yang berada di Pulau Kolorai dan secara resmi telah menyala pada Sabtu (23/3/2019) yang diresmikan oleh Bupati Pulau Morotai Benny Laos didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Pulau Morotai dan manajemen PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi.

Bupati Pulau Morotai Benny Laos menuturkan, kehadiran PLN di Kolorai merupakan komitmen pemerintah dan PLN untuk segera menyalakan listrik seluruh desa di Kabupaten Pulau Morotai.

"Pembangunan di suatu wilayah tentunya dapat dilakukan atas kerjasama seluruh pihak.Terimakasih kepada PLN dan pihak-pihal lain yang telah membantu hadirnya listrik di Pulau Kolorai ini dimana pulau ini termasuk ke dalam kawasan wisata nasional", ujar Bupati.

Manager PLN UP3 Sofifi Yusrizal  menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai dan masyarakat Pulau Kolorai atas dukungan yang sangat besar bagi PLN dalam menghadirkan listrik di Pulau Kolorai.

"Dengan dilistrikinya Pulau Kolorai ini, kini tinggal 7 desa lagi di Kabupaten Pulau Morotai yang masih belum berlistrik. Hal ini tentu menjadi tanggungjawab kami juga untuk segera melistriki ketujuh desa lainnya itu," ungkap Yusrizal.

Sementara itu, salah satu warga di Pulau Kolorai, Farid Garusu (35), mengatakan, hadirnya listrik di Desa mereka sangat bermanfaat bagi mata pencaharian warga di Pulau Kolorai ini yang mayoritas merupakan nelayan.

"Terimakasih kepada PLN dan pemerintah yang telah melistriki desa kami. Sebelumnya, untuk membuat es dan menyimpan hasil tangkapan melaut, kami harus beli minyak untuk nyalakan genset kami di rumah. Sekarang sudah tidak perlu lagi karena sudah ada listrik dari PLN" ucap Farid.

Listrik untuk Menunjang Pariwisata dan Perekonomian Pulau Kolorai

Hadirnya listrik di Pulau Kolorai diharapkan dapat menunjang pariwisata di daerah ini dimana Pulau Kolorai juga berdekatan dengan salah satu destinasi pariwisata di Kabupaten Pulau Morotai yaitu Pulau Dodola.

Di samping itu, listrik di Pulau Kolorai ini juga kini dapat membantu perekonomian warga di pulau tersebut.

Guna melistriki Pulau Kolorai, PLN membangun PLTD berkapasitas 60 kW dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 500 meter, dimana lahan untuk pembangunan PLTD Kolorai tersebut diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai sebagai bentuk dukungan dari pemerintah.

Penyambungan listrik di Pulau Kolorai ini juga dibiayai langsung oleh Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai melalui anggaran Dana Desa (DD) dengan daya tersambung sebesar 900VA bagi setiap pelanggan yang berada di Pulau Kolorai.(red)


Reporter: Sartika M. Bodja