Home / Berita / Hukrim

Seorang Mahasiswa di Ternate Coba Bunuh Diri dengan Minum Pemutih Pakaian

02 Februari 2021
Korban saat berada di RSI PKU Muhammadiyah Kota Ternate

TERNATE, OT – Seorang mahasiswa di Kota Ternate, Maluku Utara berinisial WH (20), nekat mencoba bunuh diri dengan meminum cairan pemutih pakaian dicampur dengan sabun, Selasa (2/2/2021) sekitar pukul 15.00 Wit.

Kapolsek Ternate Utara, Iptu Joni Aryanto ketika dikonfirmasi indotimur.com membenarkan peristiwa percobaan bunuh diri tersebut.

“Iya betul, sekitar pukul 15.00 WIT seorang mahasiswa inisial WH di kos-kosan yang ada di RT 02/RW 01 Kelurahan Dufa-Dufa, kecamatan Ternate Utara mencoba bunuh diri,” kata Joni.

Kapolsek mengaku, berdasarkan keterangan saksi, kronologis  kejadian peristiwa itu berawal saat korban bersama temanya Alman Ali (21) yang merupakan saksi duduk di kamar kos milik Alman, karena seorang temannya bernama Adela Amran (21) sedang meminjam motor korban untuk mengantar kiriman.

Lanjut Kapolsek, disaat Adela balik ke kamar kos membawa tahu isi untuk dimakan, lalu Adela kembali membawa motor korban, sementara korban meminjam sebuah gelas tapi saksi tidak mencurigai jika korban akan meminum cairan tersebut.

“Para saksi berpikir korban hanya minum air, tiba-tiba korban membawa gelas tersebut ke kamar mandi,” tutur kapolsek.

Merasa aneh, kedua saksi langsung ke kamar mandi untuk mengecek apa yang dilakukan korban. Ternyata korban sudah siap-siap meminum cairan pemutih pakaian yang dicampur dengan sabun Jaz1, melihat hal itu kedua saksi langsung memukul tangan korban hingga gelas yang berisi cairan pemutih langsung jatuh.

“Aksi korban pertama diselamatkan oleh saksi, sehingga korban belum sempat minum cairan itu,” ucap kapolsek.

Namun korban kembali melakukan aksi kedua setelah melihat teman-temanya kembali sibuk. Korban diam-diam pergi ke kamar mandi, hingga beberapa menit kemudian saksi Alman mencari korban sampai menanyakan kepada teman-teman kamar apakah melihat korban atau tidak, tapi tak ada yang melihat.

“Saksi Alman sudah mulai curiga dan menju ke kamar mandi, ternyata saksi melihat orang-orang sudah berkumpul melihat kondisi korban yang sudah minum cairan pemutih dicampur dengan sabun, sehingga korban tidak sadarkan diri dan mengeluarkan busa dari mulut,” jelas kapolsek.

Melihat hal tersebut, saksi dan temanya langsung membawa korban ke Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah untuk dirawat. Atas kejadian ini anggota Polsek Ternate Utara sudah mengambil keterangan dan mengamankan barang bukti serta telah mengecek kondisi korban.

“Sampai saat ini kita juga belum tahu motifnya apa, sehingga korban nekat bunuh diri. Sementara kita menunggu korban pulih baru menanyakan,” pungkas kapolsek.(ran)


Reporter: Randy Basri
Editor: Faujan A. Pinang