Home / Berita / Hukrim

Kejari Ternate Musnahkan Puluhan Gram BB Narkotika dan Kosmetik Hasil Sitaan

26 Februari 2021
Barang Bukti yang di bakar

TERNATE, OT - Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate Maluku Utara, Jumat (26/2/2021) memusnahkan puluhan gram Barang Bukti (BB) narkotika dan kosmetik di halaman kantor Kejari Ternate.

Pemusnahan barang bukti yang dilakukan dengan cara membakar BB tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ternate, Pendi Sijabat, Wakapolres Ternate, Kalapas Ternate, Ketua Pengadilan dan sejumlah pejabat Kejari Ternate.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ternate, Pendi Sijabat melalui Kasi Pengelolaan BB dan BR Kejari Ternate, M Sugandi Putera mengatakan, pemusnahan barang bukti setelah Kajari memiliki kekuatan hukum tetap inkracht dari Pengadilan Negeri (PN) Ternate.

Sugandi menjelaskan barang bukti yang dimusnahkan diantaranya, 31 perkara ganja dengan berat 2,769,02149 gram menyusul 52 perkara shabu dengan berat 478,673,4 gram, 5 perkara tembakau gorila dengan berat 47,12 gram dan 5 perkara kosmetik.

"Jadi barang bukti yang dimusnahkan itu dilakukan dengan cara dibakar," kata Sugandi usai pemusnahan barang bukti.yang disita selama lima bulan terakhir atau sejak September 2020 hingga Februari 2021," katanya.

Dia menambahkan, pemusnahan yang dilakukan hari ini, merupakan pemusnahan kedua, karena sebelumnya juga telah dilakukan pemusnahan di kantor BNNP Malut.

"Barang bukti kita juga sebelumnya juga sudah kita dilakukan pemusahan waktu dipuncak Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) kemarin," pungkasnya.

 (ran)


Reporter: Randy Basri
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT