Home / Berita / Hukrim
09 September 2019

Di Kecamatan Pulau Ternate, Kasus Pencurian Lebih Dominan

Kapolsek Ternate Pulau, Iptu Mardiyono

TERNATE, OT - Kepolisian Sektor (Polsek) Kecamatan Pulau Ternate, mencatat kasus pencurian yang melibatkan usia remaja dominan terjadi.di wilayah hukum Polsek Pulau Ternate.

Kapolsek Pulau Ternate, Iptu Mardiyono mengatakan, selama pelaksanaan operasi di lapangan khususnya di bagian Pulau Ternate petugas jarang menemukan kasus minuman keras, "miras masih jarang ditemukan, ada sebagian ditemukan tetapi saat ditanya, mereka menyebut dari dalam kota," kata Kapolsek.

Meski demikian, Kapolsek mengaku, hingga kini jarang ditemukan perkara miras, "kalaupun ada atau kedapatan, tentu akan kami tindak, sebab miras salah satu sumber masalah yang menimbulkan keresahan," ujarnya.

Kapolsek mengaku, di wilayah hukum Polsek Ternate, kasus yang dominan ditangani, adalah kasus pencurian, "yang masih dominan di Polsek Ternate Pulau ini lebih kepada kasus pencurian," ungkap Kapolsek kepada indotimur.com Senin (9/9/2019).

Meski menyebut kasus pencurian paling dominan ditangani Polsek Pulau Ternate, Kapolsek.tidak merinci jumlah kasus atau perkara pemcurian yang terjadi.di wilayah hukumnya, "lebih banyak itu terlibat kepada tersangka yang masih dibawah umur, kita juga berusaha agar kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan, tidak sampai ke meja hijau," sebut Kapolsek. 

Selain penyelesaian secara kekeluargaan, lanjut Kapolsek, pihaknya juga melakukan pembinaan mental terhadap pelaku, "ada juga sebagian kami lakukan pembinaan di mesjid yang ada di Kelurahan Soa dalam jangka waktu 40 hari dan ini sudah sesuai program dari Polres Ternate jika ada yang melakukan pelanggaran ringan baik itu miras dan juga kalau kedapatan komsumsi akan diamankan dan dilakukan pembinaan," terangnya.

Kapolsek juga menghimbau kepada warga di Ternate Pulau agar jauhi hal-hal yang melanggar aturan terutama miras karena pihaknya juga sudah melakukan koordinasi hingga tingkat RT/RW bahkan orang tua untuk melakukan pengawasan terhadap anak-anak, agar mereka menjauhi hal-hal yang melanggar hukum. 

Selain itu, lanjut Kapolsek, pihaknya juga melakukan sosialisasi di masjid-masjid serta mendatangi.warga melalui Bhabinkamtibmas di masing-masing wilayah.

"Ini disampaikan juga pada saat selesai sholat baik sholat maghrib maupun Jumat melalui Bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah masing masing," ungkap Kapolsek sembari.menyebut, pihaknya juga melakukan sosialisasi di kampus dan sekolah yang ada di.wilayah hukum Kecamatan Pulau Ternate. (ran)


Reporter: Randy Basri