Home / Indomalut / Halbar

Siap-Siap, Bulan Depan Ada Roling Pejabat Pemkab Halbar

30 Juli 2021
Sekertaris Fraksi Golkar Fandi Ibrahim

HALBAR, OT - DPRD Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) meminta Bupati.James Uang segera melakukan evaluasi.secara menyeluruh terhadap para pejabat eselon II di limgkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar.

Permintaan ini disampaikan Sekertaris Fraksi Golkar, Fandi Ibrahim baru-baru ini.

Kata dia, hampir sebagian besar pimpinan OPD (Kadis) kerap tidak menghadiri undangan DPRD untuk membahas kepentingan masyarakat.

Fandi bahkan meminta Bupati segera melakukan roling jabatan sebagai langkah evaluasi dan penyegaran di jajaran Pemkab Halbar.

Ditegaskan, Bupati dan Wakil Bupati dapat mengevaluasi pimpinan OPD yang bersikap apatis karena apa ditunjukan sama halnya mereka melepas tanggung jawab.

"Tidak berperan aktif saat ada masalah, saat ada panggilan dari DPRD, para Kepala Dinas terkesan cuek atau mengabaikan," cecarnya.

Fandi lantas mencontohkan tindakan atau sikap yang ditunjukan salah satu pejabat berinisial JM.

"Masalah berhubungan langsung SKPD  kami undang, kadang Kadis wakilkan Kabid, itu banyak ditemukan DPRD. Sebelumnya saya mohon maaf, saya  ambil contoh seperti pak JM dan sebagian Kadis-Kadis yang ada,".tegas Fandi.

Menurutnya kehadiran pimpinan OPD dalam sebuah pembahasan yang berkaitan dengan kepentingan ba yak orang, sangat penting, "karena yang mengambil kebijakan kan Kepala Dinas bukan, Kabid, kalau Kabid yang dikirim untuk menghadiri pertemuan, tentu Kabid tidak bisa mengambil kebijakan atau keputusan," terangnya.


Politisi partai Golkar itu menekankan agar Bupati dan Wakil Bupati dalam perampingan OPD kedepan harus dapat membenahi pelayanan, untuk menciptakan SKPD koperatif dan peduli.

"Kami sangat harapkan Kadis-Kadis seperti itu, dapat dievaluasi oleh Bupati dan Wakil Bupati, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang lagi agar kerja sama dalam melihat daerah ini lebih baik," harapnya.

Menanggapi pernyataan Sekretaris Fraksi Golkar, Bupati Halbar, James Uang memastikan pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan evakuasi dan roling jabatan.

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Halbar itu memastikan, bulan depan akan dilakukan evaluasi, sebab sudah lama Pemkab belum melakukan evaluasi dan roling.

"Soal evaluasi SKPD itu sisa kita menunggu di bulan Agustus, karena sudah cukup lama belum dilakukan rolling jadi bakal dilakukan rolling semua eselon." tegas James di hadapan wakil rakyat dan sejumlah kepala SKPD yang hadir dalam sidang Paripurna kemarin.

 (deko)


Reporter: Hasarudin Harun

BERITA TERKAIT