07 Mei 2019

Terkendala Low Signal, Internet Gratis Di Hiri Belum.Bisa Diaktifkan

Wahyu : Kita Usahakan Minggu Depan Tuntas

Salah satu titik.internet gratis di Puskesmas Hiri

TERNATE, OT - Rencana Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskomsandi) Kota Ternate untuk mengaktifkan internet rakyat (internet gratis) di Kecamatan Pulau Hiri, dipastikan molor dari waktu yang ditentukan.

Meski seluruh jaringan sudah terpasang, namun  Keterlambatan ini, diakibatkan oleh masalah teknis dan non tekhnis.

"Kekuatan sinyal masih lemah, masih diatas 70, padahal normalnya 60 and, kita terus berupaya agar kendala ini segera teratasi sehingga warga Hiri segera menikmati internet graris," kata Wahyu S Permama, Kepala Bidang Informatika, Diskomsandi Kota Ternate.

Menurutnya, meski.dengan terbatasan amggaran, Pemkot melalui Diskomsandi terus berupaya untuk mewujudkan "Ternate Smart Island" sebagaimana keinginan Wali Kota Ternate.

"Seluruh peralatan sudah ready sudah terpasang di beberapa titik.di Hiri, hanya saja faktor tekhnis, soal kekuatan signal tadi, kemudian juga cuaca mempengaruhi kestabilan signal," ungkap Wahyu seraya memastikan, dalam waktu sepekan memdatang, warga Hiri sudah dapat memggunakan fasilitas internet gratis.

Hal ini, juga dibenarkan Kepala Diskomsandi Kota Ternate, Thamrin Marsaoly. Kata dia, sesuai jadwal, harusnya akhir April lalu, internet gratis di Hiri sudah harus aktif, namun masih terkendala faktor tekhnis.

"Cuaca buruk juga mempengaruhi jaringan internet, kami tengah melalukan berbagai upaya untuk segera mengaktifkan internet gratis bagi warga di pulau Hiri, in sha Allah pekan depan, warga Hiri sudah dapat menikmati internet gratis," kata Thamrin.

Dia berharap, setelah aktif, seluruh masyarakat memiliki tanggung jawab bersama-sama menjaga dan memeilhara aset yang sudah terpasang di Hiri, "kami berharap, semua pihak menjaga aset ini, sehingga dapat dipergunakan secara bersama-sama," pungkasnya.(thy)


Reporter: Ibenk