Home / Berita / Citizen Journalist

Lomba ‘’Batulis HAJAT 771’’ Resmi Ditutup

Pemenang Lomba Akan Diumumkan Tanggal 29 Desember
27 Desember 2021

TERNATE, OT -Lomba "Batulis HAJAT" yang diselenggarakan Pers Liputan Kota (Pelita) dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ternate (HAJAT) ke-771, resmi ditutup oleh Ketua Panitia HAJAT, Dr H Rizal Marsaoly, pada Senin (27/122021) di aula Baabullah kantor Wali Kota Ternate.

Sebelum penutupan, 20 peserta terbaik dari kategori umum dan pelajar, lebih dulu mempresentasikan hasil karya dihadapan tiga dewan juri, masing-masing, Herman Oesman, Asghar Saleh dan Mahmud Ici.

Ketua panitia pelaksana, Diman Umanailo mengatakan, kegiatan Batulis HAJAT yang digagas Pers Lipitan Kota merupakan sebuah upaya dalam rangka mendukung Pemkot Ternate mempertegas identitas sebagai Kota Rempah.

Kata dia, dengan tema "Ternate Kota Rempah" diharapkan karya tulis pelajar mauoun masyarakat umum dapat dijadikan referensi atau sumber pengetahuan tentang rempah di Kota Ternate.

"Kami berharap, hasil karya penulis-penulis muda dapat dijadikan referensi tentang Ternate sebagai kota rempah," tukas Diman.

Dia menyatakan, setelah tim juri menilai hasil presentasi 20 peserta, akan dipilih 3 peserta terbaik dari masing-masing ketegori sebagai pemang lomba, "pada saat upacara HAJAT tanggal 29 Desember, akan diumumkan 6 peserta terbaik yang mendapat juara, jadi 3 kategori pelajar dan 3 kategori umum," terang Diman seraya menyebut seluruh peserta juga akan mendapatkan piagam penghargaan karena telah berpartisipasi dalam gelaran ini.

.

Sementara itu, Ketua Panitia HAJAT 771, Rizal Marsaoly secara resmi menetapkan para pemenang lomba sebagai "Duta Kota Rempah"

"Walaupun pengumuman juara baru akan disampaikan pada tanggal 29 Desember mendatang, namun hari ini saya sampaikan bahwa 6 pemenang lomba ini akan ditetapkan senagai Duta Kota Rempah," kata Rizal saat menutup kegiatan Batulis HAJAT di aula Baabullah kantor Wali Kota Ternate.

Pemerintah, lanjut Rizal mulai tahun depan akan memperkenalkan Ternate sebagai kota rempah, "kami berharap teman-teman pers ikut mendorong upaya pemerintah dalam mengkampanyekan Ternate Kota Rempah, karena kami sadar upaya ini butuh kerjasama, kolaborasi dan dukingan semua pihak," ujar Rizal.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bappelitbangda Kota Ternate itu juga menyampailan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada selurub peserta yang ikut pada lomba Batulis HAJAT.

"Kepada dewan juri yang luar biasa, kepada teman-teman Pelita, saya sampaikan apresiasi karena telah mengambil bagian dalam perayaan HAJAT tahun ini," tukas Rizal.

Dia memastikan, 20 karya tulis yang dinilai tim juri hari ini, akan dijadikan buku sebagai referensi bagi masyarakat untuk mengetahui lebih jauh tentang Ternate dan rempah, "insya Allah, hasil larya ini akan dijadikan buku agar kedepan dapat digunakan sebagai sumber informasi.dan referensi," pungkas Rizal.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT