Home / Berita / Citizen Journalist

772,8 Kg Sampah ’’Dibeli’’ TP-PKK Kota Ternate Melalui Program Bank Sampah Andalan

21 Mei 2023
772,8 kg sampah yang dikumpulkan TP-PKK Kota Ternate untuk dijual

TERNATE, OT - Melalui program Bank Sampah Ternate Andalan. pengurus  Tim Penggerak PKK Kota Ternate terus memberi edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk memungut sampah guna dijual kembali ke Bank Sampah Ternate Andalan.

Kegiatan pungut sampah yang dilakukan secara rutin oleh pengurus TP-PKK Kota Ternate berhasil mengumpulkan ratusan kilogram (kg) sampah yang telah dipilah sebelumnya.

Kegiatan pungut sampah yang digagas pengurus TP-PKK pada Minggu (21/5/2023) yang dipusatkan di taman Nukila Ternate, pengurus TP-PKK Kota Ternate berhasil mengumpulkan 772,8 kg sampah untuk kemudian diuangkan melalui Bank Sampah Andalan.

Ketua TP-PKK Kota Ternate, Marliza M Tauhid Soleman mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya TP-PKK sebagai mitra Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dalam mendukung program penanganan sampah di Kota Ternate.

Kata dia, kegiatan ini dijadwalkan dua kali dalam sebulan yakni pada pada minggu pertama dan minggu ketiga bulan berjalan berlokasi di taman Nukila Ternate.

“Kegitan ini kita memang kerja  sama dengan DLH Kota Ternate," ungkap Marliza.

Istri Wali Kota Ternate ini juga merinci sampah yang sudah dibeli dari warga antara lain, botol plastik 335,5 kg,  plastik camp 48,1 kg, K.aluminium 13.2 kg, K.biasa 26.2 kg, Kertas/buku 39.5 kg dan Dus 310.3 kg.

Marliza berharap, semua pihak ikut berperan aktif dalam upaya menangani masalah sampah di Kota Ternate, "kami TP-PKK juga harap masyarakat berperan aktif pungut sampah dan jual kembali ke kami,” harap Marliza seraya mengingatkan kegiatan Bank Sampah dilakukan setiap akhir pekan minggu pertama dan ketiga bulan berjalan di taman Nukila.

Selain kegiatan pungut sampah, lanjut Marliza, TP-PKK bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Ternate juga akan mengadakan kegiatan senam lansia club senam nukila.

"Kemudian, ada pelayanan kesehatan posbindu yakni pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat serta tekanan darah, selain itu juga setiap minggu ada edukasi terhadap peserta senam," tutur Maliza.

Edukasi yang disampaikan berkaitan dengan kesehatan, pola asuh anak dan remaja, pemanfaatan lahan pekarangan maupun edukasi mengenai pendidikan dan koperasi.

Semua kegiatan ini diharapkan terutama lansia di Kota Ternate selalu sehat, ceria dan produktif.

 (fight)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT