Home / Advertorial / Bappelitbangda

Rancangan APBD-P Pemkot Ternate Fokus Pada Kegiatan Urgent

06 Juni 2021
Kepala Bapelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate berkomitmen mengakomodir sejumlah kegiatan dan program "paling" urgen dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2021.

Plt Kepala Bapelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly dalam keterangan resminya menyampaikan, pada penyusunan APBD-P 2021, sejumlah program atau kegiatan paling urgent yang akan diakomodir.

Meski demikian, Rizal memastikan, program atau legiatan urgent tersebut, akan diputuskan secara bersama-sama dengan tim TAPD dan Banggar DPRD Kota Ternate.

"Nanti program yang urgen yang akan ditaruh dalam APBD-P, namun semua itu kita akan lihat bersama-sama dengan tim TAPD dan Banggar DPRD dalam penyusunan rancangan APBD-P," kata Rizal baru-baru ini, di kantor Wali Kota Ternate.

Saat ini, lanjut dia, Pemkot sedang fokus pada penyampaian LPP APBD 2020 ke DPRD yang dijadwalkan pada pekan depan oleh Wali Kota Ternate.

"Sehingga saat ini, kita belum melakukan pembahasan-pembahasan rancangan APBD-P, karena saat ini lebih fokus dulu penyempaian LPP APBD 2020," tukas Rizal seraya menyebut, penyampaian ke DPRD sesuai masa waktu 60 hari setelah LHP BPK diserahkan ke Pemkot.

Dia juga belum bisa memastikan, program atau kegiatan yang nantinya akan diakomodir dalam APBD-P 2021, sebab masih akan dikaji urgensi program atau kegiatan tersebut.

"Ada dan tidaknya itu (program-red), nanti dilihat urgensinya bagimana dulu dan jika memang ada itu program apa dulu. Namun semua itu akan diputuskan oleh TAPD," tukas Rizal.

Mantan Kadis Perkim itu menambahkan, terkait sejumlah program atau kegiatan yang dibintangi pada APBD induk, tidak menutup kemungkinan akan diakomodir pada APBD-P.

"Jadi program yang dibintangi pada APBD itu belum tentu juga kita pangkas, karena program yang dibintangi disesuaikan dengan kondisi keuangan, yang mana lebih urgen harus diutamakan dan jika pada APBD-P nanti dilihat memang itu urgen tinggal kita dorong kembali, yang pasti untuk program yang diakomodir pada APBD-P adalah program atau kegiatan yang fokus dan urgent," pungkasnya.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT