Home / Berita / Politik
12 Maret 2019

Bawaslu Haltim Kembali Ingatkan ASN Tetap Netrlal

Suratman Kadir

MABA,OT- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) Suratman Kadir kembali mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di agar Netral jelang Pelaksanaan Pemilu 2019.

Suratman mengatakan, ASN sebagai abdi masyarakat harus mampu menjaga netralitas dalam Pemilu 2019 yang akan berlangsung secara serentak pada tanggal 17 April 2019 mendatang. “Sebagai abdi masyarakat ASN harus mampu tempatkan tugas dan fungsinya dan tidak terlibat pada Pemilu,” kata Suratman, di ruang kerjanya, Selasa (12/03/2019).

Dikatakan, Pelaksanaan Pemilu 2019 sebagai ASN harus bertanggungjawab dengan tugas dan kewajiban melayani Publik karena ASN merupakan profesi yang terikat pada kewajiban menjalankan peraturan dan perundang-undangan.

“ASN harus berpihak pada kepentingan negara dan masyarakat serta birokrasi harus tegak lurus,” katanya.

Kata dia, posisi ASN dalam Pemilu sudah jelas dan tegas di atur dalam UU No 7 Tahun.2017 tentang pemilu PKPU No 23 Tahun 2018 tentang kampanye dan Perbawaalu No 28 Tahun 2018 tentang pengawasan kampanye. Maka ASN dituntut netral dan tidak ikut dalam keterlibatan kampanye.

Lanjut dia, Bawaslu Haltim juga mengajak masyarakat ager berpartisipasi mengawasi jalan nya pemilu 2019 agar tetap demokratis dan bermartabat dengan cara menoloak politik uang.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar