Home / TNI

Wali Kota Ternate, Pimpin Upacara Hari Dharma Samudera

15 Januari 2022

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, M Taauhid Soleman, Sabtu, (15/1/2022), menjadi inspektur  upacara Hari Dharma Samudera tahun 2022 yang dipusatkan di Dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Bastiong, Kelurahan Bastiong, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lanal Ternate itu juga dirangkai dengan tabur bunga di perairan Ternate.

Pelaksanaan Upacara Hari Dharma Samudera dan Tabur Bunga tahun 2022 itu dihadiri, Danlanal Ternate, Kolonel Laut (P) Ashari Sunan, Wadir Polairud Polda Malut, AKBP Edi J. Daula, Kepala Beacukai, Sinta Dewi Arini, Kakansar Ternate, M. Arafah, Plt Kajari Ternate Fahrizal, Kepala PELNI Cabang Ternate Deki Hermawan serta unsur terkait lainnya.

.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI, Yudo Margono menyampaikan, upacara yang diselenggarakan setiap tahun ini, pada hakikatnya merupakan media dalam memberikan pewarisan nilai-nilai kejuangan yang harus dilestarikan, agar terus terjaga semangat dan jiwa tempur prajurit dalam menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pertempuran laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut kita, yang ditunjukkan pelaut-pelaut kita dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso," kata Wali Kota mengutip sambutan tertulis Kasal Tudo Margono.

Dijelaskan, sebagai prajurit laut, Yos Sudarso menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban. "Sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut," kata Wali Kota dihadapan peserta upacara dan tamu undangan.

.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Ternate juga menyampaikan pesan Kasal, diantaranya, tingkatkan iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa; "kemudian teladani nilai dan semangat kejuangan yaitu sikap ksatria, rela berkorban dan pantang menyerah;" pesan Kasal melalui Wali Kota Ternate.

Kasal juga meminta seluruh prajurit untuk memupuk jiwa patriotisme dan jati diri prajurit matra laut; "serta tingkatkan pengetahuan, latihan dan pendidikan guna menopang profesionalisme tugas yang semakin kompleks dan sarat akan teknologi," pesan Kasal yang dibacakan Wali Kota Ternate.

Usai memimpin upacara, Wali Kota bersama Danlanal dan tamu undangan lainnya langsung melakukan tabur bunga di laut dengan menggunakan KAL TIDORE. 

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT