Home / TNI

Lanal Ternate Jadikan Pulau Maitara Sebagai Kampung Bahari Nusantara

07 April 2021
Pulau Maitara (ist)

TERNATE, OT - Pangkalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ternate akan menjadikan pulau Maitara Kota Tidore Kepulauan sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN).

"Kita sudah siapkan sebagai program unggulan kedepan salah satunya yaitu kita akan bangun Kampung Bahari Nusantara di pulau Maitara," ujar Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ternate, Letnal Kolonel (Letkol) Laut (P) Komaruddin kepada indotimur.com, Rabu (7/4/2021).

Kata dia, rencana KBN ini akan ada lima kluster yang dilaksanakan sebagai pendampingan dan pembinaan potensinya sehingga ada manfaa bagi masyarakat di pulau Maitara.

Dimana lima klaster itu terdiri dari pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan.

Baca Juga : Butuh Dermaga Khusus, Lanal Ternate Bangun Koordinasi dengan Pemprov Malut dan Pemkot

"Lima klaster dalam program KBN ini akan menjadi prioritas kami dan bisa bermanfaat bagi masyarakat di pulau Maitara," ucapnya.

Danlanal menjelaskan, pada kluster pendidikan, pihaknya akan dibangun rumah pintar yang berisi fasilitas pendidikan berupa buku, komputer dan internet gratis.

"Hal yang sama juga berlaku pada kluster lainnya, dengan memanfaatkan generasi muda setempatb dengan harapan dapat memajukan masyarakar setempat," katanya.

Program ini, lanjut dia, akan melibatkan Pemerintah Kota Tidore dan Pemprov Malut, "untuk sama-sama mengembangkan potensi yang ada di pulau Maitara. Semoga dengan adanya program ini pemuda-pemuda pulau Maitara lebih maju dan bisa mengembangkan daerah," pungkasnya.

 (ran)


Reporter: Randy Basri
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT