16 Juli 2019

Babinsa Koramil 1508-01/Tobelo Jadi Irup Upacara Bendera di Sekolah SMK Mio Bato

TOBELO, OT- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1508-01/Tobelo Kodim 1508/Tobelo Pelda Abd. Kadir Asegaf menjadi Inspektur Upacara pada kegiatan upacara pengibaran bendera marah putih, Senin (15/07/19) di SMK Mio Bato Desa Gorua Selatan, Kecamatan Tobelo Utara Kabupaten Halmahera Utara.

Dalam amanatnya, Pelda Abd. Kadir Asegaf menyampaikan, pentingnya menjaga kebersihan, menjaga kebersihan diri, lingkungan sekolah, taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, patuh terhadap nasehat guru dan orangtua serta rajin belajar.

Dikatakannya, upacara bendera dilaksanakan untuk menumbuhkan  wawasan kebangsaan di lingkungan sekolah, karena diusia remaja merupakan tahap mencari jati diri. “Jangan sampai terisi dengan hal-hal yang negatif yang dapat merusak masa depan mereka yang berarti juga masa depan bangsa,” ujarnya.

Dia berharap, para siswa-Siswi agar tidak mudah melupakan sejarah, dimana para pejuang atau leluhur yang telah bersusah payah mengorbankan harta, jiwa dan raganya untuk kemerdekan Bangsa Indonesia.

“Untuk itu, para siswa sebagai generasi bangsa marilah kita sama-sama menjaga keutuhan NKRI dari acaman, baik dari dalam maupun dari luar,” ajaknya.

Sementara Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto saat dikonfirmasi awak media mengatakan, Babinsa merupakan ujung tombak kewilayahan juga mempunyai tanggung jawab dalam upaya menanamkan karakter kedisiplinan terhadap para pelajar di wilayah binaannya.

“Melalui kegiatan pemberian materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), dan menjadi inspektur upacara pada Upacara Bendera, adalah sebagai kontribusi dan wujud kepedulian kita sebagai Prajurit TNI kepada masyarakat, untuk menanamkan sejak dini kepada siswa siswi tentang sikap dan semangat cinta tanah air serta semangat bela negara," ucapnya. (WYU - 1508)(red)


Reporter: Fauzan Azzam