Home / Indomalut / Ternate

Jenazah Mantan Wali Kota Ternate, Dikebumikan di Makassar

Sejumlah Kantor Pemerintahan di Ternate Kibarkan Bendera Setengah Tiang
05 Juli 2021
Makam almarhum Haji Bur di Makassar

TERNATE, OT - Jenazah almarhum mantan Wali Kota Ternate dua periode, Dr H Burhan Abdurahman, rencananya akan dikebumikan di Kompleks Pemakaman Pegawai Pemda Provinsi Sulawesi Selatan,  Jalan Macanda Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Senin (5/7/2021).

Informasi yang dihimpun indotimur.com, kepergian mendiang mantan Wali Kota yang akrab disapa Haji Bur ke tempat peristirahatan terakhir disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Yusuf Sunya mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate.

.

Prosesi pemakaman juga dihadiri adik kandung almarhum, Ahmadyani Abdurahman, serta keluarga dekat almarhum.

BACA JUGA : Mantan Wali Kota Ternate, Haji Bur Meninggal Dunia di Makassar

Sekda Kota Teenate, Yusuf Sunya dalam keterangan resminya menyampaikan, sebelum dimakamkan, pihak Rumah Sakit (RS) Sayang Rakyat menyerahkan jenazah ke pihak keluarga dan Pemerintah Kota Ternate.

Prosesi pemakaman

Usai diserahkan, kata Sekda, jenazah almarhum langsung disholatlan.serta persiapan pemulasaraan.

Dikatakan Sekda, Pemkot Ternate sejak kemarin telah berupaya dengan segala cara agar jenazah pencetus Baca Tulis Alquran itu bisa dipulangkan ke Ternate.

"Namun, ada regulasi terbaru terkait dengan UU kedaruratan maka setiap orang yang terindikasi covid-19 maka akan dimakamkan di daerah dimana dia meninggal," ucap Sekot melalui telepon selularnya.

"Itu protokol kesehatan yang cukup ketat dan kami sudah berupaya dengan luar biasa tetapi inilah aturan yang harus kita taati," tambahnya..

.

Pemerintah dan masyarakat Kota Ternate sangat merasa kehilangan sosok.sang figur yang selama 10 tahun mengabdi dan berkarya untuk masyarakat Kota Ternate.

"Karena itu, kita juga minta masyarakat untuk kiranya dapat meluangkan waktu sejenak melaksanakan sholat ghaib guna mengirimkan doa sehingga almarhum ditempatkan di sisi Allah SWT," tutupnya.

Proses pemakaman

Sementara itu, amatan indotimur.com, sejumlah kantor pemerintahan di Ternate, mengibarkan bendera setengah tiang, sebagai ungkapan bela sungkawa atas meninggalnya mantan Wali Kota Ternate periode 2010-2021.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT