Home / Indomalut / Sofifi
22 September 2020

Pemprov Siapkan Dana Pinjaman Rp 67 M Bangun Jalan dan Jembatan di Halbar

Kadis PU Malut Santrani Abusama (Foto: Yadi)

HALBAR, OT - Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) menyiapkan dana sebesar Rp 67 miliar yang bersumber dari pinjaman di PT. Sarana Multi Infastruktur (SMI) untuk membangun jalan dan jembatan di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar)

Kadis PUPR Provinsi Maluku Utara, Santrani Abusama, menyatakan, dari total anggaran yang digelontorkan oleh Pemprov sebesar Rp, 67 milliar akan diperuntukan pembangunanan sarana dan prasarana diantaranya 17 jembatan dan 50 ruas jalan, yang tersebar sejumlah titik.

"Diantaranya pembangunan jembatan di Tongute Ternate, Kecamatan Ibu, maupun pada sejumlah wilayah lain, sementara untuk proyek jalan, dialokasikan sekitar Rp, 12 miliar lebih termasuk wilayah pesisir antara Ibu-Kedi," kata Santrani Abusama saat menghadiri Muscab ke-IV MPC Pemuda Pancasila di Jailolo.

Menurutnya, amggaran pembangunan sarana infastuktur baik jalan dan jembatan, bersumber dari pinjaman PT.SMI, "saat ini, sudah masuk dalam proses tender melalui ULP, dan ditargekan dalam dua minggu kedepan sudah mulai berjalan," ujarnya.

Dalam proses ini, lanjut Santrani, pihak ketiga yang mengerjakan proyek tersebut, diwajibkan meminta saran dan pendapat melalui pertemuan dengan masyarakat setempat.

"Saran dan pendapat ini, terkait pengambilan ijin material lokal yang nantinya digunakan selama proses pekerjaan, tentunya dengan memperhatikan kwalitas material yang digunakan selama proses pekerjaan,.guna memastikan kwalitas proyek," katanya.

"Jadi sekalipun ada material di Halmahera khususnya Halbar, kita tidak tahu aspek kelayakanya dan resiko hukumnya, karena pembiayaan proyek juga melalui dana pinjaman berbeda dengan APBD," sambungnya. (deko)


Reporter: Hasarudin Harun